Farida, Azzahra Labibah Sifa (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KAREN’S DINER PADA YOUTUBE MENGGUNAKAN METODE MACHINE LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Azzahra Labibah Sifa Farida.zip Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
Media sosial YouTube merupakan media sosial yang menyediakan berbagai macam video, serta video – video yang dibuat oleh pengguna YouTube itu sendiri. Dalam waktu dekat ini, ada sebuah café bernama Karen’s Diner yang sedang viral karena ciri khas dari pelayanan café mereka yang memiliki tema melayani pelanggan dengan judes dan tidak ramah. Karena café tersebut berbeda dengan café pada umumnya yang ada di Indonesia, khususnya para warga negara Indonesia yang terbiasa dengan ajaran sopan santun. Akhirnya, banyak para youtuber yang datang karena ingin membuat vlog di café tersebut. Maka disini penulis ingin menguji reaksi para pelanggan mengenai Karen’s Diner. Pada media sosial YouTube terdapat fitur komentar yang apabila fitur komentar tidak dimatikan pada channel YouTube tersebut, maka para pengguna YouTube dapat menuliskan komentar mereka terhadap video yang mereka tonton. Komentar dari pengguna dapat digunakan sebagai bahan penilaian dan evaluasi terhadap kualitas dari saluran YouTube tersebut. Untuk menghasilkan informasi dari data komentar yang ada, maka diperlukan pengolahan data dengan analisis komentar pada video YouTube. Analisis ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap video yang dibuat untuk mengetahui feedback yang didapat dari penonton positif atau negatif. Maka dirancanglah sebuah sistem analisis komentar pada YouTube dengan menggunakan beberapa algoritma diantaranya yaitu Naïve Bayes, K-Nearest Neighbor, dan Support Vector Mechine. Sistem analisis komentar pada Youtube yang dibuat akan menghasilkan klasifikasi dari komentar – komentar pengguna YouTube dengan kategori positif dan negative.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Youtube, Café, Naïve Bayes, K-Nearest Neighbor, Support Vector Mechine | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:31 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22156 |
Actions (login required)
View Item |