STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK” NILU KOPI GODEAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK (DITENGAH KEBISINGAN REL KERETA API)

Pratama, Muhammad Gavindra (2025) STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK” NILU KOPI GODEAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK (DITENGAH KEBISINGAN REL KERETA API). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi media sosial yang diterapkan oleh Nilu Kopi Godean dalam menarik minat pengunjung, khususnya dengan memanfaatkan suasana unik di sekitar kafe yang terletak dekat rel kereta api. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, serta analisis konten media sosial seperti Instagram dan TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilu Kopi secara konsisten memanfaatkan momen saat kereta api melintas sebagai daya tarik utama dalam membentuk identitas kafe. Strategi pemasaran digital yang dilakukan melibatkan pembuatan konten visual yang menarik, kerja sama dengan influencer lokal, serta interaksi aktif dengan audiens. Rel kereta api yang awalnya berpotensi menjadi gangguan justru diubah menjadi kekuatan branding melalui pendekatan experiential marketing. Upaya ini terbukti efektif dalam membangun citra yang otentik dan meningkatkan jumlah kunjungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa elemen lokal dapat menjadi nilai tambah dalam strategi pemasaran kreatif di era digital.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Suminto, Wajar Bimantoro
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Pemasaran Digital, Nilu Kopi, Kereta Api, Daya Tarik Kafe
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2025 07:21
Last Modified: 21 Nov 2025 07:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item View Item