Jati, Pandu Dwi Anggoro (2025) REPRESENTASI PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN GRAB VERSI “MERDEKA MELAJU DARI A SAMPAI Z”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (477kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis representasi pesan motivasi dalam iklan Grab versi "Merdeka Melaju dari A sampai Z" di YouTube, di tengah pergeseran dari media konvensional ke media digital. YouTube dimanfaatkan oleh berbagai pengiklan, termasuk perusahaan layanan transportasi online, untuk menampilkan iklan seperti Grab versi "Merdeka Melaju dari A sampai Z". Dengan mengangkat tema kemerdekaan, iklan ini diharapkan dapat menyampaikan pesan motivasi kepada penonton. Dalam penyampaiannya, iklan sering kali menggunakan simbol dan tanda untuk memperkuat makna yang ingin disampaikan. Dengan metode deskriptif kualitatif dan paradigma konstruktivistik, penelitian ini menerapkan teori Semiotika Charles Sanders Peirce serta teori Representasi untuk menganalisis hubungan antara tanda, objek, dan interpretan dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menekankan nilai kebebasan, inovasi, dan kreativitas, di mana setiap huruf dari A hingga Z merepresentasikan pola pikir kreatif Gen Z. Pesan motivasi diperlihatkan melalui ekspresi wajah, gerakan, alur cerita, serta narasi yang mencakup 38 shot dalam durasi 3 menit 51 detik.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Charles Sanders Peirce, Grab, Iklan, Semiotika, YouTube | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:17 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:17 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

