REPRESENTASI PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN GRAB VERSI “MERDEKA MELAJU DARI A SAMPAI Z”

Jati, Pandu Dwi Anggoro (2025) REPRESENTASI PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN GRAB VERSI “MERDEKA MELAJU DARI A SAMPAI Z”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi pesan motivasi dalam iklan Grab versi "Merdeka Melaju dari A sampai Z" di YouTube, di tengah pergeseran dari media konvensional ke media digital. YouTube dimanfaatkan oleh berbagai pengiklan, termasuk perusahaan layanan transportasi online, untuk menampilkan iklan seperti Grab versi "Merdeka Melaju dari A sampai Z". Dengan mengangkat tema kemerdekaan, iklan ini diharapkan dapat menyampaikan pesan motivasi kepada penonton. Dalam penyampaiannya, iklan sering kali menggunakan simbol dan tanda untuk memperkuat makna yang ingin disampaikan. Dengan metode deskriptif kualitatif dan paradigma konstruktivistik, penelitian ini menerapkan teori Semiotika Charles Sanders Peirce serta teori Representasi untuk menganalisis hubungan antara tanda, objek, dan interpretan dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menekankan nilai kebebasan, inovasi, dan kreativitas, di mana setiap huruf dari A hingga Z merepresentasikan pola pikir kreatif Gen Z. Pesan motivasi diperlihatkan melalui ekspresi wajah, gerakan, alur cerita, serta narasi yang mencakup 38 shot dalam durasi 3 menit 51 detik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Charles Sanders Peirce, Grab, Iklan, Semiotika, YouTube
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 04:17
Last Modified: 18 Nov 2025 04:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31176

Actions (login required)

View Item View Item