Affandhallu, Fatah Khrida (2025) ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER SADBOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PENGGUNA JUDI ONLINE (STUDI KUANTITATIF PADA GEN Z FOLLOWERS SADBOR). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (614kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (621kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas endorser Sadbor di media sosial TikTok terhadap minat pengguna judi online, khususnya pada Generasi Z yang merupakan followers akun Sadbor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 155 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas endorser Sadbor yang meliputi daya tarik, kepercayaan, dan keahlian berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna judi online dengan hasil uji t sebesar 15,128 > t tabel 1,975 dan signifikansi 0,000 (<0,05). Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,157 yang berarti pengaruh kredibilitas endorser Sadbor terhadap minat pengguna judi online adalah sebesar 15,7%, sedangkan sisanya 84,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengelola media sosial, pembuat kebijakan, dan masyarakat untuk lebih waspada terhadap dampak endorsement terhadap perilaku yang berisiko seperti judi online.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas Endorser, Sadbor, TikTok, Minat Pengguna, Judi Online, Generasi Z | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:30 | ||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:30 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

