ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER SADBOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PENGGUNA JUDI ONLINE (STUDI KUANTITATIF PADA GEN Z FOLLOWERS SADBOR)

Affandhallu, Fatah Khrida (2025) ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER SADBOR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PENGGUNA JUDI ONLINE (STUDI KUANTITATIF PADA GEN Z FOLLOWERS SADBOR). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas endorser Sadbor di media sosial TikTok terhadap minat pengguna judi online, khususnya pada Generasi Z yang merupakan followers akun Sadbor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 155 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas endorser Sadbor yang meliputi daya tarik, kepercayaan, dan keahlian berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna judi online dengan hasil uji t sebesar 15,128 > t tabel 1,975 dan signifikansi 0,000 (<0,05). Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,157 yang berarti pengaruh kredibilitas endorser Sadbor terhadap minat pengguna judi online adalah sebesar 15,7%, sedangkan sisanya 84,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengelola media sosial, pembuat kebijakan, dan masyarakat untuk lebih waspada terhadap dampak endorsement terhadap perilaku yang berisiko seperti judi online.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Endorser, Sadbor, TikTok, Minat Pengguna, Judi Online, Generasi Z
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:30
Last Modified: 17 Nov 2025 06:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item