STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI KREATIF DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Vista, Indrianingtyas Amara (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI KREATIF DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0134-Indrianingtyas Amara Vista - Indrianingtyas Amara Vista.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Covid-19 membuat kerugian di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang usaha. Banyak usaha yang akhirnya gulung tikar, mengalami penurunan omzet dan lain sebagainya. dengan demikian suatu usaha membutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan agar dapat mempertahankan bisnis atau meningkatkan penjualan. Pemilihan strategi promosi yang tepat dan efisien merupakan kunci dari keberhasilan suatu promosi. Penelitian ini akan meneliti tentang Kopi Kreatif. Kopi Kreatif merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari pandemi virus corona, dilihat dari omzet yang mengalami penurunan. Walau demikian Kopi Kreatif tetap dapat mempertahankan bisnis hingga sekarang. Kopi Kreatif adalah usaha yang menyuguhkan Creative Solutions kepada pecinta kopi, bisnis ini memberikan experience yang berbeda dalam menikmati kopi yaitu dengan membuat aksesoris, Parfum sampai hand sanitizer dengan aroma kopi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan fakta secara cermat, desain penelitian yang digunakan studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap informan, dokumentasi dan observasi. Peneliti akan memaparkan pembahasan mengenai strategi, kendala dan solusi yang dilakukan oleh Kopi Kreatif. Teknik analisis pengolahan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, analisis perbandingan dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kopi Kreatif menggunakan bauran komunikasi Marketing MIX 4P (Product, Place, Price dan Promotion) dengan menekankan product dan promotion dan melaksanakan promosi dengan cara memanfaatkan periklanan, personal selling, sales promotion, public relation dan direct marketing. Dengan menekankan advertising dan public relation. Meskipun saat pandemi Covid-19 ini omzet Kopi Kreatif menurun Kopi Kreatif tetap dapat mempertahankan bisnisnya dengan menjaga Inovasi terhadap produk, dan memaksimalkan pemasaran menggunakan media social.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, Kopi Kreatif, Bauran pemasaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:34
Last Modified: 10 Aug 2023 01:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item