Nugraha, Febrianta Surya (2016) ANALISIS PERBANDINGAN LAYANAN PANGGILAN SUARA OPERTOR SELULER DENGAN MEDIA SOSIAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_13.21.0755 Febrianta Surya Nugraha.zip Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi baik teknologi komputer maupun telepon seluler, kebutuhan akan akses internet menjadi suatu hal yang harus ada bagi perangkat atau gadget masyarakat. Keberadaaan layanan sosial media dan pesan instan pada ponsel pintar turut serta mempengaruhi pola penggunaan layanan tersebut sebagai sarana komunikasi. Dengan berkembangnya layanan sosial media dan pesan instan, salah satu layanan yang dikembangkan adalah layanan panggilan suara. Dengan tuntutan masyarakat yang menginginkan komunikasi yang cepat dan murah, maka atas dasar hal ini perlu diadakannya penelitian perbandingan layanan panggilan suara operator seluler dengan layanan panggilan suara jejaring sosial dan pesan instan untuk mengetahui apakah layanan panggilan suara pada sosial media dapat dijadikan alternatif sarana komunikasi atau bahkan menggantikan layanan panggilan suara dari operator seluler. Tahapan penelitan yang digunakan dalam analisis perbandingan layanan panggilan suara operator seluler dengan sosial media adalah studi literatur, implementasi yang meliputi persiapan alat dan bahan, pemilihan topologi, pembuatan sample capture data, pengolahan data dan tahap analisis untuk mengetahui bagaimana quality of service dari panggilan suara beberapa aplikasi media sosial. Dari beberapa aplikasi yang digunakan, hanya beberapa parameter yang terpenuhi dari parameter pembanding yaitu standar Internet Teleponi untuk Keperluan Publik operator seluler di Indonesia. Meskipun tidak semua parameter terpenuhi, dua parameter yaitu delay dan packet loss terpenuhi untuk aplikasi BlackBerry messenger, WhatsApp dan Facebook messenger, sedangkan Line tidak memenuhi semua parameter. Hal ini menunjukan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk panggilan suara dan belum dapat menggantikan layanan panggilan suara saat ini. Penggunaan VoIP menggunakan layanan sosial media jauh lebih murah dibandingkan dengan tarif panggilan suara operator.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Voice over Internet Protocol, media sosial, jaringan internet, dan quality of service. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:06 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7566 |
Actions (login required)
View Item |