MAKNA PESAN #PastiAdaJalan DALAM IKLAN GOJEK VERSI CERDIKIAWAN

Meidrianto, Yocekrista (2021) MAKNA PESAN #PastiAdaJalan DALAM IKLAN GOJEK VERSI CERDIKIAWAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0329-Yocekrista Meidrianto - Yocekrista Meidrianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)

Abstract

Iklan adalah cara bagaimana sebuah perusahaan untuk memasarkan produk mereka guna memperkenalkan kepada masyarakat luas agar produknya dapat dikenali dengan baik oleh konsumen. Di dalam sebuah iklan terdapat komunikasi berupa pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada konsumen. Tentunya ada yang menjadi penanda dan petanda dalam setiap audio maupun visual dalam sebuah iklan. Penelitian ini mengkaji tentang semiotika dalam iklan Gojek versi Cerdikiawan di Youtube dengan tujuan mengidentifikasi penanda dan petanda menggunakan analisis Ferdindand de Saussure. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pesan-pesan yang terkandung dalam setiap audio dan visual yang terdapat di dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek iklan Gojek versi Cerdikiawan di platform media sosial YouTube. Dalam iklan tersebut ada orang yang disebut dengan “Cerdikiawan” yang mampu menyelesaikan persoalan kehidupan sosial dengan memanfaatkan hal-hal di sekitarnya dengan cara yang kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis petanda dan penanda dalam iklan secara langsung serta mengadakan studi pustaka dan mencari beberapa artikel terkait data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya banyak petanda dan penanda yang ditemui dalam berbagai macam bentuk semiotika dalam iklan Gojek versi Cerdikiawan. Pesan dalam iklan ini terdiri dari dua yaitu verbal dan nonverbal. Pesan verbal yang ditunjukkan oleh narasi yang dapat didengar dalam iklan, sedangkan pesan nonverbal adalah ekspresi dari gerakan yang terjadi di dalam iklan menjadi sebuah makna yang dapat tersalurkan. Makna dari pesan #PastiAdaJalan adalah setiap persoalan pasti akan ada jalan untuk mengatasinya melalui cara yang kreatif dan diluar nalar. Gojek menempatkan dirinya sebagai solusi dan pemecahan masalah dari berbagai macam masalah kehidupan sosial sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartikasari
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Iklan, Ferdinand De Saussure
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:02
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item