ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANTAR BARANG J&T EXPRESS MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Sukma, Ummu Elsa (2022) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANTAR BARANG J&T EXPRESS MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2173 Ummu Elsa Sukma.rar
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2173 Ummu Elsa Sukma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Analisis sentimen merupakan salah satu dari sekian cabang teknik penelitian dari Text Mining yang digunakan untuk mengklasifikasi dokumen teks berupa opini berdasarkan sentimen. Dokumen teks yang digunakan dalam penelitian berasal dari Twitter tentang opini masyarakat mengenai penyedia jasa layanan antar barang J&T Express.Dalam penelitian ini analisis sentimen menggunakan algoritma support vector machine. Langkah pertama adalah dilakukan crawling data menggunakan twitter API dengan keyword. Setelah mengumpulkan data, dilakukan proses preprocessing, setelah proses preprocessing dilakukan pengambilan fitur pada setiap tweet, fitur yang didapatkan kemudian dikumpulkan menjadi sebuah list fitur. List fitur kemudian ditransformasikan menjadi feature vector dengan bentuk binary kemudian ditransformasikan menggunakan metode Tf-idf. Dataset terdiri dari 2 data yaitu training dan testing. Di dalam data training diberikan label secara manual. Hasil pengujian adalah akurasi yang diperoleh mencapai rata-rata 80% dengan komposisi data training dan data testing. Dari hasil tersebut metode Support Vector Machine dapat digunakan untuk klasifikasi sentimen terhadap data twitter J&T Express. Di dalam data testing dilakukan crawling data secara realtime dan data yang dihasil dilakukan pelabelan dan proses Preprocessing melalui sistem sehingga output akhir yang ditampilkan berupa sentimen positif, neutral dan negatif dari hasil crawling data sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yaqin, Ainul
Uncontrolled Keywords: sentiment analysis, twitter, support vector machine, inverse matrix, preprocessing
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:04
Last Modified: 04 Aug 2023 03:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item