Mahendra, Komang Aji Ihza (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA RELIGI MLANGI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Surat Peryataan Publikasi di luar - Komang Aji Ihza Mahendra.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Desa Wisata Mlangi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap tiga orang informan yang berperan dan bertanggung jawab terkait aktivitas komunikasi pemasaran Desa Wisata Mlangi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan perencanaan strategi komunikasi pemasaran, Desa Wisata Mlangi tidak menentukan target audiens tertentu. Mlangi sebagai desa wisata Religi melakukan kegiatan komunikasi pemasaran untuk menginformasikan kepada khalayak mengenai keberadaan Desa Wisata Religi Mlangi, serta menanamkan nilai-nilai religi kepada setiap pengunjung yang datang, budaya, kerajinan dan makanan khas Desa Wisata Mlangi. Desa Wisata Religi Mlangi menggunakan saluran komunikasi personal seperti media online, media sosial Instagram, dan facebook Pengelola Desa Wisata Mlangi tidak menggunakan website, sehingga informasi mengenai Desa Wisata Religi Mlangi dapat dilihat pada website Dinas Pariwista. Dalam merencanakan dan mengimplementasikan komunikasi pemasarannya, pengelola Desa Wisata Mlangi tidak mempunyai anggaran yang tetap setiap tahunnya. Pembuatan proposal anggaran dilakukan insidental, hanya sebagai bentuk pengumpulan anggaran yang diberikan kepada Dinas Pariwisata Provinsi ataupun Kabupaten.Tolak ukur dalam mengukur hasil komunikasi pemasaran adalah jumlah dari kunjungan wisata dalam setiap tahunnya dan keberhasilan pelaksanaan program komunikasi pemasaran secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desa Wisata, Komunikasi Pemasaran, Mlangi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 790 Rekreasi dan seni pertunjukan |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:47 | ||
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/597 |
Actions (login required)
View Item |