Avilia, Desi (2022) PERILAKU KOMUNIKASI AUDIENS MUSIK VIDEO STICKER NCT 127 (STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS NCTZEN YOGYAKARTA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (769kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0579 Desi Avilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
Abstract
Korean wave merupakan budaya dari industri hiburan Korea Selatan yang menawarkan berbagai produknya seperti K-Pop, K-Drama, K-Food, dan sebagainya. Salah satu produk K-Pop yang ditawarkan dari industri hiburan yaitu musik video (MV). Musik video dirilis sebagai promosi lagu terbaru boyband maupun girlband. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku yang dilakukan penggemar sebagai respon setelah menonton musik video sticker NCT 127. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan paradigma interpretatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku yang dihasilkan penggemar setelah menonton musik video berupa perilaku covert seperti penggemar yang berkhayal. Perilaku komunikasi verbal berupa berkomentar, berdiskusi, dan bernyanyi. Komunikasi nonverbal berupa ekspersi wajah, menggerakan badan, dan vokalik saat mendengarkan musik video Sticker. Perilaku agresi bersifat verbal, dan perilaku pengunaan media sosial dengan twitter, instagram, youtube, dan website voting sebagai upaya mendukung comeback NCT 127. Berdasarkan fan war yang terjadi idealnya sebagai penggemar seharusnya mendukung idolanya tanpa ikut serta dalam fan war tersebut dan penggemar mengupayakam berbagai dukungan untuk mengapresiasi kerja keras idolanya seperti streaming, voting dan membeli album.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Komunikasi, K-pop, Musik Video | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:10 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 01:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5801 |
Actions (login required)
View Item |