PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN ANALISIS SWOT PADA MELATI GRAFIKA

Aini, Nadya Qurrotul (2022) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN ANALISIS SWOT PADA MELATI GRAFIKA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.92.0101-Nadya Qurrotul A. - Nadya Qurrotul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Pemasaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk dapat menjual produk kepada konsumen guna mendapatkan keuntungan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh lapisan kehidupan, termasuk pada bidang ekonomi. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan perubahan strategi untuk dapat bertahan di masa pandemi. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19 pada Melati Grafika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis melakukan analisis dan memberikan penjelasan terhadap keseluruhan data. Data pada penelitian ini didapatkan dari data primer. Data primer didapatkan dari wawancara langsung dengan pemilik Melati Grafika serta penyebaran kuesioner terhadap konsumen Melati Grafika. Berdasarkan hasil wawancara serta analisis sampel penelitian sebanyak 67 responden yang diolah menggunakan analisis SWOT, didapatkan besarnya faktor IFAS (X) adalah 47,5 dan faktor EFAS (Y) sebesar 10. Kuadran yang terbentuk adalah (47,5;10) yang terletak pada kuadran pertama yaitu strategi agresif. Hal tersebut menunjukkan bahwa Melati Grafika terletak pada posisi yang menguntungkan karena faktor kekuatan serta peluang yang dominan karena bernilai positif. Strategi agresif tersebut kemudian dibuat menggunakan bauran pemasaran 4P yang berfokus pada kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh Melati Grafika. Produk di Melati Grafika akan dibuat lebih bervariasi dengan packaging khusus. Harga yang diterapkan pada Melati Grafika bervariasi sesuai spesifikasi produk dan tersedia harga khusus untuk reseller. Tempat (Place) Melati Grafika bisa dijangkau dengan mudah secara offline maupun online. Promosi dilakukan oleh Melati Grafika secara offline dengan melakukan direct selling dan memberikan surat penawaran serta online

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widyawati, Rahma
Additional Information: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, SWOT
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:13
Last Modified: 08 Aug 2023 04:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item