IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP KLASIFIKASI SENTIMEN OPINI PENGGUNA INSTAGRAM PADA PRODUCT ENDORSEMENT OLEH INFLUENCER DI INDONESIA

Salsabila, Salsabila (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP KLASIFIKASI SENTIMEN OPINI PENGGUNA INSTAGRAM PADA PRODUCT ENDORSEMENT OLEH INFLUENCER DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2107-Salsabila - Salsabila.rar
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2107-Salsabila - Salsabila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Media sosial instagram merupakan salah satu media jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran langsung. Media sosial instagram sebagai platform yang biasa digunakan untuk Strategi Influencer Marketing yang dimana akan sangat berpengaruh dan sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang bergerak di dunia digital. Selain itu dengan penggunaan media sosial instagram ini masyarakat juga dengan mudah menyampaikan respon atau opini terhadap Product Endorsement yang dilakukan oleh pihak influencer tersebut. Berdasarkan fungsinya aplikasi ini digunakan untuk berbagi foto maupun video pada sesama pengguna. Didalam instagram juga terdapat komentar berupa text yang digunakan untuk merespon Product Endorsement yang telah diposting oleh pihak influencer. Dengan melakukan analisis sentimen, pelaku bisnis dapat melihat seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan jasa endorsement oleh influencer. Respon publik dari jasa yang dilakukan influencer terhadap produk atau brand apakah cenderung positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan dataset yang diambil langsung dari komentar instagram yang diambil dengan teknik scraping dan dijadikan sebagai objek penelitian. Data komentar dari Instagram akan menjadi alat pengukuran dan pengujian untuk membangun model sentiment analysis dengan bantuan metode Naive Bayes Classifier menghasilkan akurasi sebesar 94.62% dan performa yang dihasilkan dari metode ini lebih baik dari metode Decision Tree tapi tidak lebih baik dari metode KNN.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pristyanto, Yoga
Uncontrolled Keywords: Influencer Marketing, Instagram, Product Endorsement, Analisis sentimen, Naive Bayes Classifier
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:25
Last Modified: 08 Aug 2023 02:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item