Salsabila, Salsabila (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP KLASIFIKASI SENTIMEN OPINI PENGGUNA INSTAGRAM PADA PRODUCT ENDORSEMENT OLEH INFLUENCER DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (886kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (54kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2107-Salsabila - Salsabila.rar Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2107-Salsabila - Salsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
Abstract
Media sosial instagram merupakan salah satu media jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran langsung. Media sosial instagram sebagai platform yang biasa digunakan untuk Strategi Influencer Marketing yang dimana akan sangat berpengaruh dan sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang bergerak di dunia digital. Selain itu dengan penggunaan media sosial instagram ini masyarakat juga dengan mudah menyampaikan respon atau opini terhadap Product Endorsement yang dilakukan oleh pihak influencer tersebut. Berdasarkan fungsinya aplikasi ini digunakan untuk berbagi foto maupun video pada sesama pengguna. Didalam instagram juga terdapat komentar berupa text yang digunakan untuk merespon Product Endorsement yang telah diposting oleh pihak influencer. Dengan melakukan analisis sentimen, pelaku bisnis dapat melihat seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan jasa endorsement oleh influencer. Respon publik dari jasa yang dilakukan influencer terhadap produk atau brand apakah cenderung positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan dataset yang diambil langsung dari komentar instagram yang diambil dengan teknik scraping dan dijadikan sebagai objek penelitian. Data komentar dari Instagram akan menjadi alat pengukuran dan pengujian untuk membangun model sentiment analysis dengan bantuan metode Naive Bayes Classifier menghasilkan akurasi sebesar 94.62% dan performa yang dihasilkan dari metode ini lebih baik dari metode Decision Tree tapi tidak lebih baik dari metode KNN.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Influencer Marketing, Instagram, Product Endorsement, Analisis sentimen, Naive Bayes Classifier | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:25 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |