Pransetyanu, Ido (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENDENGAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (775kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0051-Ido Pransetyanu - Ido Pransetyanu.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan globalisasi sangat menuntut media penyiaran seperti radio untuk terus berinovasi dan menciptakan terobosan lain untuk dapat bersaing dan bertahan. Dengan memberikan hiburan dalam bentuk suara dengan segmentasi acara yang sangat menarik dan cerdas tentunya juga dikelola dengan strategi komunikasi yang tepat agar dapat memberikan apa yang diinginkan oleh para pendengarnya, sehingga dapat bertahan dan menghadapi ketatnya persaingan di industri radio. Data Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Yogyakarta menjelaskan kondisi industri bisnis siaran radio di Yogyakarta kian kritis setiap tahunya. Dilihat dari penetrasi iklan yang bisa diraih hanya 0.9 % sementara stasiun radio di Yogyakarta melampaui jumlah ideal yang ada. Praktik jual beli radio atau frekuensi dan juga spasialisasi ikut menyumbangkan kondisi kritis radio di Yogyakarta. Dari hal itu memicu kembali radio MQ FM Yogyakarta untuk terus meningkatkan performa pada industri media secara nasional serta inovasi dan kualitas disetiap program yang dibuat. Sehingga dapat dirumuskan masalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran radio MQ FM Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pendengar, dengan menggunakan pendekatan deskripsif kualitatif. Tujuan utama penelitian deskriptif pada penelitian ini adalah ingin menggambarkan secara sistematik dan akurat mengenai fakta dan karakteristik tentang populasi atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan mendapatkan hasil yaitu implementasi elemen strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio MQ FM Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pendengar adalah periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publisitas, acara dan pengalaman, serta pemasaran dari mulut ke mulut. Akan tetapi dari hasil analisis yang dilakukan, upaya yang dilaksanakan radio MQ FM dalam meningkatkan loyalitas pendengar menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran terpadu belum berjalan secara maksimal perlu disempurnakan kembali dan dievaluasi agar kedepannya dapat berajalan secara maksimal dan menghasilkan program yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Radio, Loyalitas pendengar, Radio MQ FM Yogyakarta, Strategi komunikasi pemasaran | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 07:44 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
View Item |