STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENDENGAR

Pransetyanu, Ido (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENDENGAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0051-Ido Pransetyanu - Ido Pransetyanu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan globalisasi sangat menuntut media penyiaran seperti radio untuk terus berinovasi dan menciptakan terobosan lain untuk dapat bersaing dan bertahan. Dengan memberikan hiburan dalam bentuk suara dengan segmentasi acara yang sangat menarik dan cerdas tentunya juga dikelola dengan strategi komunikasi yang tepat agar dapat memberikan apa yang diinginkan oleh para pendengarnya, sehingga dapat bertahan dan menghadapi ketatnya persaingan di industri radio. Data Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Yogyakarta menjelaskan kondisi industri bisnis siaran radio di Yogyakarta kian kritis setiap tahunya. Dilihat dari penetrasi iklan yang bisa diraih hanya 0.9 % sementara stasiun radio di Yogyakarta melampaui jumlah ideal yang ada. Praktik jual beli radio atau frekuensi dan juga spasialisasi ikut menyumbangkan kondisi kritis radio di Yogyakarta. Dari hal itu memicu kembali radio MQ FM Yogyakarta untuk terus meningkatkan performa pada industri media secara nasional serta inovasi dan kualitas disetiap program yang dibuat. Sehingga dapat dirumuskan masalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran radio MQ FM Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pendengar, dengan menggunakan pendekatan deskripsif kualitatif. Tujuan utama penelitian deskriptif pada penelitian ini adalah ingin menggambarkan secara sistematik dan akurat mengenai fakta dan karakteristik tentang populasi atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan mendapatkan hasil yaitu implementasi elemen strategi komunikasi pemasaran yang digunakan radio MQ FM Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pendengar adalah periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publisitas, acara dan pengalaman, serta pemasaran dari mulut ke mulut. Akan tetapi dari hasil analisis yang dilakukan, upaya yang dilaksanakan radio MQ FM dalam meningkatkan loyalitas pendengar menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran terpadu belum berjalan secara maksimal perlu disempurnakan kembali dan dievaluasi agar kedepannya dapat berajalan secara maksimal dan menghasilkan program yang berkualitas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Radio, Loyalitas pendengar, Radio MQ FM Yogyakarta, Strategi komunikasi pemasaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:44
Last Modified: 07 Aug 2023 04:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item