Jagaddhita, Gagat (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MASKAPAI SINGAPORE AIRLINES “SILKAIR CONTINUES ITS JOURNEY AS SINGAPORE AIRLINES” DI YOUTUBE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (731kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0145-Gagat Jagaddhita - Gagat Jagaddhita.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
Abstract
Dalam sebuah perusahaan sebuah strategi marketing sangatlah penting, salah satu marketing yang biasa dilakukan oleh perusahaan yaitu beriklan. Periklanan adalah alat komunikasi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan (produsen) untuk menyampaikan pesan tentang produknya kepada calon pelanggan (konsumen) dan mengharapkan hasil untuk meningkatkan penjualan. Untuk mendapatkan hal tersebut pengiklan harus bisa menyatukan antara komunikasi verbal dan non verbal. Kedua jenis komunikasi tersebut digunakan untuk saling melengkapi. Seperti yang dilakukan oleh Maskapai Singapore Airlines dengan iklan yang berjudul “SilkAir Continues Its Journey as Singapore Airlines” Singapore Airlines menayangkan iklan tersebut agar masyarakat mengetahui bahwa SilkAir telah bergabung dengan Singapore Airlines. Penelitian ini menggunakan paradigma kontrukstivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah Semiotika Charles Sanders Peirce dan Teori Representasi, karena untuk meleliti komunikasi, tanda, objek dan interpretan yang digunakan pada iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tanda berperan penting dalam penyampaian pesan dalam iklan. Singapore Airlines menggunakan komunikasi verbal dan non verbal serta penggunaan tanda dalam menyampaikan pesan bahwa maskapai penerbangan SilkAir kini menjadi satu dengan maskapai penerbangan Singapore Airlines. Singapore Airlines menggunakan komunikasi verbal dan non verbal serta penggunaan tanda dalam menyampaikan pesan bahwa maskapai penerbangan SilkAir kini menjadi satu dengan maskapai penerbangan Singapore Airlines. Dalam sebuah iklan penggabungan tanda dengan komunikasi verbal maupun non verbal sangatlah penting agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Durasi tayang yang singkat tidak membuat iklan ini kehilangan pesannya, justru dengan penggabungan antara komunikasi dan tanda tersebut membuat iklan ini berhasil menyampaikan pesan yang ada pada iklan ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Charles Sanders Peirce, Singapore Airlines, Iklan Digital | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 01:36 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3467 |
Actions (login required)
View Item |