ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN GOJEK VERSI “PESAN DARI RUMAH BUAT KITA YANG DI JALAN”

-, Riayurlina (2022) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN GOJEK VERSI “PESAN DARI RUMAH BUAT KITA YANG DI JALAN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0120-Riayurlina - Ria Yurlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Pembatasan mobilitas masyarakat di masa pandemi covid-19 berefek pada peningkatan penggunaan internet, hal ini mendorong pelaku usaha untuk menggeser media iklannya ke media digital agar tetap dapat tersampaikan walau masyarakat di rumah saja. Dalam masa ini, gojek sebagai pelaku usaha yang para mitranya harus tetap bekerja diluar ketika ada anjuran di rumah saja, berusaha mengangkat cerita para mitra tersebut ke dalam sebuah iklan non-komersial yang mendukung kebijakan pemerintah untuk pembatasan mobilitas. Pada kolom komentar di video iklan tersebut tertulis banyak pendapat dari para penonton yang menyatakan kesesuaian kisahnya dengan yang ada di iklan, hal tersebut membuat mereka tersentuh dan merasakan pesannya. Dengan alasan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui pesan moral yang terdapat dalam Iklan Gojek versi "Pesan Dari Rumah Buat Kita Yang Di Jalan", menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika menurut Charles Sanders Peirce, dan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini membahas pesan moral yang didapat dalam iklan, antara lain pesan moral dalam bersikap peduli, sikap saling menghargai, dan sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Peirce, Iklan, Pesan Moral
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:36
Last Modified: 05 Aug 2023 02:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item