-, Riayurlina (2022) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN GOJEK VERSI “PESAN DARI RUMAH BUAT KITA YANG DI JALAN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (522kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0120-Riayurlina - Ria Yurlina.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
Abstract
Pembatasan mobilitas masyarakat di masa pandemi covid-19 berefek pada peningkatan penggunaan internet, hal ini mendorong pelaku usaha untuk menggeser media iklannya ke media digital agar tetap dapat tersampaikan walau masyarakat di rumah saja. Dalam masa ini, gojek sebagai pelaku usaha yang para mitranya harus tetap bekerja diluar ketika ada anjuran di rumah saja, berusaha mengangkat cerita para mitra tersebut ke dalam sebuah iklan non-komersial yang mendukung kebijakan pemerintah untuk pembatasan mobilitas. Pada kolom komentar di video iklan tersebut tertulis banyak pendapat dari para penonton yang menyatakan kesesuaian kisahnya dengan yang ada di iklan, hal tersebut membuat mereka tersentuh dan merasakan pesannya. Dengan alasan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui pesan moral yang terdapat dalam Iklan Gojek versi "Pesan Dari Rumah Buat Kita Yang Di Jalan", menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika menurut Charles Sanders Peirce, dan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini membahas pesan moral yang didapat dalam iklan, antara lain pesan moral dalam bersikap peduli, sikap saling menghargai, dan sikap tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Peirce, Iklan, Pesan Moral | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 08:36 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3460 |
Actions (login required)
View Item |