Mujianto, Habib Kusuma (2022) PERANAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PERILAKU ANAK BERMAIN GAME ONLINE DI PADUKUHAN KADISONO, KALURAHAN TEGALTIRTO (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0580-Habib Kusuma Mujianto - Habib Kusuma Mujianto.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Peranan Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Anak Bermain Game Online di Padukuhan Kadisono, Kalurahan Tegaltirto (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak). Jenis game online saat ini marak dikalangan anak-anak dan dapat dimainkan dengan menggunakan gadget dan media internet. Peranan orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku anak dalam bermain game online. Dampak yang ditimbulkan dari bermain game online secara berlebihan akan mempengaruhi etika anak dalam kehidupan sehari-hari. Etika artinya ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak. Komunikasi interpersonal adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih. Komunikasi yang berlangsung secara tatap muka, komunikasi ini salah satu proses komunikasi yang efektif karena respon dari komunikan atau penerima pesan dapat diketahui langsung oleh komunikator, apakah komunikan ini merespon baik ataupun buruk. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana peranan dan komunikasi interpersonal orang tua dalam mengatasi perilaku anak bermain game online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara secara langsung dengan orang tua yang memiliki anak ber kecanduan bermain game online. Hasil penelitian ini yang pertama, orang tua mengontrol, mengawasi, dan tentunya mengendalikan perilaku anak agar tidak bermain game online secara berlebihan. Kedua, orang tua memberikan edukasi tentang dampak yang ditimbulkan dari bermain game online secara berlebihan. Ketiga, orang tua memberikan batasan waktu kepada anak ketika bermain game online. Keempat, orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat bagi anak, seperti contohnya kegiatan olahraga sepak bola dan voli.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Game Online, Orang tua, Anak, Etika | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 07:57 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3433 |
Actions (login required)
View Item |