Sari, Indo Purnama (2022) PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN MODEL CANVAS PADA UNARI CAKE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (748kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.92.0068-Indo Purnama Sari - 0068_Indo Purnama Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
Abstract
Unari Cake merupakan usaha kuliner rumahan yang menyediakan berbagai macam kue seperti kue kering, kue bolu klasik, roti, donat, dan juga jajanan pasar yang sudah berjalan sejak tahun 2020. Hingga saat ini usaha Unari Cake belum mengalami perkembangan yang signifikan dan belum memiliki model bisnis. Permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usahanya diantaranya yaitu tingkat penjualan yang tidak stabil, kurangnya modal dan akses pembiayaan, kurangnya sumber daya manusia, serta persaingan yang semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi model bisnis yang dijalankan Unari Cake dengan pendekatan business model canvas; (2) mengidentifikasi apa saja faktor internal dan eksternal yang memengaruhi model bisnis melalui analisis SWOT-4K sehingga terciptanya alternatif strategi; (3) merancang business model canvas perbaikan sebagai strategi pengembangan bisnis Unari Cake di masa depan; (4) merancang action plan untuk tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan business model canvas dan analisis SWOT-4K. Hasil penelitian menunjukkan gambaran kondisi bisnis Unari Cake pada saat ini menjawab dari 9 elemen BMC dengan beberapa elemen perlu ditingkatkan dan beberapa elemen perlu penambahan strategi agar lebih optimal. Hasil dari analisis BMC menggunakan SWOT menghasilkan 36 indikator dari keseluruhan variabel SWOT. Pada matriks SWOT-4K menunjukkan posisi perusahaan Unari Cake berada pada kuadran II sehingga harus menerapkan strategi stabilisasi. Hasilnya terbentuk rumusan strategi perbaikan di lima elemen BMC Unari Cake yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, dan key partnerships.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Model Bisnis Kanvas (BMC), SWOT-4K, strategi perusahaan, pengembangan bisnis | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 06:28 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/316 |
Actions (login required)
View Item |