Darmawan, Mohammad Dicky (2025) PERANCANGAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL PADA KALURAHAN PURWOBINANGUN. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.02.0808.zip Restricted to Repository staff only Download (68MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
Abstract
Kalurahan Purwobinangun menghadapi permasalahan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat yang masih bersifat manual, seperti penggunaan WhatsApp dan pencatatan kertas, sehingga berdampak pada efisiensi pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengaduan masyarakat berbasis website sebagai solusi digital yang lebih efisien, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall Model, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Sistem dikembangkan menggunakan framework Laravel sebagai backend, Tailwind CSS dan Bootstrap sebagai frontend, serta MySQL sebagai basis data. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box untuk memastikan fungsi berjalan sesuai dengan rancangan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website pengaduan masyarakat yang memungkinkan masyarakat melakukan pelaporan secara daring, melihat perkembangan aduan, serta memungkinkan admin kalurahan mengelola tanggapan secara sistematis. Dengan adanya sistem ini, proses pengelolaan aduan menjadi lebih cepat, terdokumentasi, dan dapat meningkatkan kepuasan layanan publik di Kalurahan Purwobinangun.
| Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Pengaduan Masyarakat, Website, Laravel, Kalurahan, Waterfall | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:48 | ||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:48 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

