Aprilian, Alif Riko (2025) {JALUR ENTERPRENEUR} PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS OTOMOTIF 87 MOTOSHOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (55kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1025.zip Restricted to Repository staff only Download (173B) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dari sektor perusahaan hingga usaha perorangan, sehingga para pelaku usaha dapat memanfaatkan digital marketing untuk menjual produk hingga kancah nasional maupun internasional. Dalam penelitian ini, studi kasus berfokus pada 87 motoshop, sebuah bisnis yang bergerak di bidang otomotif yang memanfaatkan berbagai media digital marketing, antara lain instagram, youtube, tiktok, marketplace, dan web resmi. Pemanfaatan digital marketing diterapkan oleh 87 Motoshop karena promosi secara langsung yang selama ini dilakukan masih terbatas pada lingkup sekitar bengkel. Kondisi tersebut menyebabkan produk dan layanan yang ditawarkan belum dikenal secara luas oleh masyarakat.Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan tahapan meliputi identifikasi masalah, analisis target pasar dan kompetitor, perancangan strategi digital marketing, pembuatan serta pengelolaan media digital, integrasi produk, pelaksanaan kampanye promosi digital, hingga evaluasi efektivitas kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing melalui marketplace, media sosial, dan website resmi mampu meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pasar, serta berdampak signifikan terhadap peningkatan penjualan. Evaluasi kampanye memperlihatkan adanya peningkatan interaksi konsumen dan kenaikan transaksi, meskipun masih ditemukan kendala seperti keterbatasan stok produk dan biaya promosi yang relatif tinggi. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan gambaran strategi digital marketing yang dapat diadopsi oleh pelaku usaha sejenis untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Media Sosial, Marketplace, Promosi, Otomotif | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:54 | ||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:54 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

