Wirasena, Naufal Rafif (2025) PERANCANGAN UI/UX UNTUK PEMASARAN PRODUK OLAHAN AGROBISNIS PADA “DE CENDSALOE VERA” DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2255.zip Restricted to Repository staff only Download (110MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
De Cends Aloe Vera merupakan usaha agrobisnis berbasis olahan lidah buaya yang menghadapi tantangan dalam pemasaran digital, karena masih mengandalkan media sosial seperti WhatsApp dan Instagram. Hal ini menyulitkan konsumen dalam memperoleh informasi produk secara cepat dan efisien. Di era digital saat ini, kebutuhan akan platform yang dapat mendukung proses pembelian yang mudah, cepat, dan informatif menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX dan frontend website pemasaran produk De Cends Aloe Vera dengan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik usaha serta penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Prototipe rancangan kemudian diuji dengan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengevaluasi kenyamanan dan kemudahan penggunaan dari sisi pengguna. Proses implementasi dilakukan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor usability website mencapai 80,4 yang termasuk dalam kategori “Excellent”, menunjukkan bahwa tampilan dan fitur website telah memenuhi kebutuhan pengguna. Website ini juga berhasil meningkatkan aksesibilitas informasi produk dan memudahkan proses pembelian. Hasil rancangan ini dapat dimanfaatkan oleh De Cends Aloe Vera sebagai sarana pemasaran digital, serta menjadi referensi dalam perancangan UI/UX menggunakan metode Design Thinking pada UMKM sejenis.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Design Thinking, Website, System Usability Scale, Pemasaran Digital | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:30 | ||
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:31 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

