DESAIN ULANG WEBSITE MADRASAH ALIYAH NEGERI REJANG LEBONG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Wijaya, Adi (2025) DESAIN ULANG WEBSITE MADRASAH ALIYAH NEGERI REJANG LEBONG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 23.22.2518.zip
Restricted to Repository staff only

Download (169MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Website institusi pendidikan memiliki peran penting sebagai sarana informasi dan komunikasi bagi berbagai pemangku kepentingan, termasuk siswa, guru, dan orang tua. Namun, tampilan antarmuka yang kurang menarik serta aksesibilitas yang tidak optimal dapat menghambat efektivitas penyampaian informasi dan menurunkan pengalaman pengguna (user experience). Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang website Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong dengan menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada peningkatan kualitas User Interface (UI) dan User Experience (UX). Metode Design Thinking diterapkan dalam lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan Empathize dan Define dilakukan melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada pengguna utama untuk mengidentifikasi kebutuhan serta masalah yang dihadapi. Hasil analisis digunakan untuk mengembangkan solusi desain dengan antarmuka yang lebih intuitif, responsif, dan mudah digunakan. Prototipe yang dihasilkan kemudian diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kegunaan dari desain yang dikembangkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain ulang dengan pendekatan Design Thinking berhasil meningkatkan nilai kegunaan dan kepuasan pengguna. Website yang dihasilkan menjadi lebih fungsional, informatif, serta user-friendly dalam mendukung aktivitas digital di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widjiyati, Nur
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Experience, Design Thinking dan System Usability Scale
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:16
Last Modified: 11 Nov 2025 06:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30960

Actions (login required)

View Item View Item