ANALISIS SENTIMEN ULASAN PRODUK AMAZON MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Nugroho, Bayu Ahmad (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN PRODUK AMAZON MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2229.zip
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan produk women dresses di Amazon menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Mengingat banyaknya ulasan produk, analisis manual menjadi tidak efisien, sehingga penelitian ini menggunakan SVM untuk mengklasifikasikan ulasan menjadi sentimen positif, negatif, atau netral.Data ulasan diperoleh dari dataset Kaggle yang berisi 23.486 ulasan produk. Proses preprocessing dilakukan dengan membersihkan teks, menghapus kata-kata tidak relevan (stopwords), serta melakukan tokenisasi dan lemmatization. Fitur utama diekstraksi menggunakan TF-IDF untuk mengubah teks menjadi representasi numerik. Hasil evaluasi model SVM menunjukkan akurasi 83% dalam mengklasifikasikan sentimen. Penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan SMOTE untuk menangani ketidakseimbangan kelas meningkatkan kinerja model. Temuan ini memberikan kontribusi bagi sistem analisis sentimen di platform e-commerce dan meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Support Vector Machine (SVM), TF-IDF, SMOTE, E-Commerce
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:36
Last Modified: 16 Sep 2025 01:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item