Ramadhan, Muhammad Nazmi (2025) PEMANFAATAN LIVE INSTAGRAM UD MADJOE SEBAGAI MEDIA PROMOSI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (969kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Ud Madjoe merupakan salah satu UMKM dibidang thrifting khususnya baju bekas, dalam penyampaiannya Ud Madjoe menggunakan Instagram live untuk membantu melakukan penjualan. Ud madjoe selalu live dan selalu habis padahal ud madjoe tergolong UMKM yang baru di bidang thrifting. Hal itu yang membuat peneliti tertarik ingin meneliti ud madjoe. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kerangka berpikir konstruktivisme. Hal ini bertujuan buat mencari memahami bagaimana Ud Madjoe memanfaatan live instagram Ud Madjoe menjadi media kenaikan pangkat . di skripsi ini, metode yang dipergunakan artinya penelitian kualitatif menggunakan teori SOME atau The Circular contoh of Some dari Regina Luttrell. Terdiri dari Share, Optimize, Manage serta Engage. Hasil dari penelitian ini adalah pada aspek Share Ud Madjoe memanfaatkan fitur Live yang berlangsung dua minggu sekali setiap hari jumat, Story update barang yang baru restock, Geotagging Lokasi Yogyakarta, menggunakan hashtag setiap barang yang belum sold, membuat Highlight di profile instagram untuk kaos kaos yang belum sold, komentar dan berkolaborasi dengan pengguna lain dengan tujuan membangun dan terhubung dengan followers. Aspek kedua yaitu Optimize Ud Madjoe mendengarkan saran dan masukan dari audiens sebagai evaluasi untuk live. Aspek ketiga Manage dengan mengelola instagram dengan baik maka dapat meningkatkan produktivitas live di Ud Madjoe agar tetap valid sehingga dipercaya oleh audiens. Aspek keempat Engage dengan menganggapi komentar yang masuk pada saat live berlangsung di Ud Madjoe. Dapat disimpulkan bahwa aspek dari teori SOME ini sangat membantu dan cocok untuk diterapkan pada penelitian skripsi ini yaitu pemanfaatan live instagram Ud Madjoe sebagai media promosi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Live Instagram, Teori SOME, Ud Madjoe | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:35 | ||
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |