Wicaksono, Maulana Izzra Satriyo (2025) IMPLEMENTASI METODE VALUE BASED PRICING WEBSITE BELISEKEN_AJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4071.zip Restricted to Repository staff only Download (323MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
Abstract
“Harga merupakan aspek yang penting dalam bisnis” statement ini umum dan sering kali di dengar, oleh karena itu penting untuk menentukan harga yang tepat untuk suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi Value Based Pricing dalam menentukan harga jual beli HP seken di platform Beliseken_Aja. Value Based Pricing merupakan metode penetapan harga berdasarkan persepsi nilai pelanggan terhadap suatu produk, bukan hanya dari biaya produksi atau harga pasar pesaing. Strategi ini diterapkan melalui fitur cek harga dan checklist minus HP yang dikembangkan pada website Beliseken_Aja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi transaksi dan transparansi harga. Pengguna dapat memasukkan spesifikasi HP, kemudian sistem memberikan estimasi harga berdasarkan database harga terkini serta kondisi fisik perangkat. Implementasi fitur cek harga dan checklist minus HP telah diuji dengan metode Black Box Testing, menghasilkan estimasi harga yang akurat dan cepat. Data penjualan sebelum dan sesudah implementasi menunjukkan peningkatan jumlah produk terjual, dari rata-rata 13 produk sebelum implementasi menjadi 23 produk setelahnya pada bulan pertama. Survei kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa 80% pengguna merasa puas dengan kesesuaian harga dan kualitas produk. Faktor utama yang mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap harga adalah transparansi informasi dan kemudahan dalam mengakses data kondisi produk. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Value Based Pricing memberikan keuntungan kompetitif bagi platform Beliseken_Aja dalam menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kepercayaan dalam transaksi HP seken.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Value Based Pricing, Harga Pasar, Kualitas Produk | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:36 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |