Azaria, Reissa Giana (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN PADA POLSEK KAYU ARO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB IIII.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1878.zip Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
Abstract
Polsek Kayu Aro menghadapi tantangan dalam mengelola pengaduan masyarakat yang masih menggunakan cara-cara konvensional, seperti pengaduan langsung atau melalui telepon. Cara tersebut menghambat kecepatan penanganan, mengurangi transparansi dan menyulitkan pelacakan pengaduan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan solusi berupa sistem informasi pengaduan berbasis web yang dapat meningkatkan efisiensi, transparansi dan aksesibilitas dalam proses pengaduan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, penelitian ini merancang dan mengembangkan sistem pengaduan berbasis web yang memiliki fitur-fitur utama yaitu Formulir Pengaduan Online, Pelacakan Status Pengaduan, Notifikasi Otomatis dan Statistik Pengaduan. Sistem ini diuji melalui pengujian fungsionalitas dan kepuasan pengguna dengan menggunakan metode Black Box Testing dan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengaduan berbasis web dapat meningkatkan efisiensi, mempercepat proses penanganan pengaduan dan memberikan transparansi yang lebih baik kepada masyarakat. Sistem ini dapat digunakan oleh Polsek Kayu Aro untuk mengelola pengaduan masyarakat secara efektif dan dapat diterapkan di instansi kepolisian lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pengaduan Berbasis Web, Transparansi, Efisiensi, Pelayanan Publik | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:30 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |