ANALISIS PERSEPSI PENGIKUT INSTAGRAM TERHADAP KONTEN BERITA @radarjogja

Saputri, Yolananda Elfina (2025) ANALISIS PERSEPSI PENGIKUT INSTAGRAM TERHADAP KONTEN BERITA @radarjogja. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Perkembangan media sosial telah mengubah cara masyarakat mengakses dan mengonsumsi informasi, termasuk melalui platform Instagram. Radar Jogja sebagai media lokal memanfaatkan Instagram untuk menyebarkan berita dan berkomunikasi dengan audiensnya. Namun, tingkat keterlibatan pengguna yang bervariasi menunjukkan adanya perbedaan dalam persepsi pengikut terhadap konten yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pengguna Instagram terhadap konten berita Radar Jogja, dengan menyoroti faktor- faktor yang menarik perhatian serta yang menghambat keterlibatan pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen terhadap pengikut aktif Instagram Radar Jogja. Teori persepsi digunakan untuk memahami bagaimana pengguna menerima, menginterpretasikan, dan merespons konten yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengguna dipengaruhi oleh faktor kognitif, afektif, dan konatif. Faktor kognitif berkaitan dengan pemahaman pengguna terhadap berita yang disampaikan, faktor afektif mencerminkan respon emosional terhadap tampilan dan penyampaian konten, sedangkan faktor konatif berhubungan dengan niat pengguna untuk berinteraksi lebih lanjut, seperti memberikan komentar atau membagikan konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik visual, relevansi berita, serta interaksi yang dilakukan oleh Radar Jogja berpengaruh terhadap keterlibatan pengguna. Beberapa hambatan yang ditemukan meliputi penggunaan bahasa yang terlalu formal, kurangnya inovasi dalam penyajian konten, serta kurang responsifnya pengelola akun terhadap pengikut. Berdasarkan temuan ini, Radar Jogja disarankan untuk meningkatkan kualitas visual, menyajikan berita dengan format yang lebih interaktif, serta memperkuat interaksi dengan audiens guna meningkatkan keterlibatan pengguna di Instagram.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asrita, Stara
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengguna, Instagram, Radar Jogja, Konten Berita, Keterlibatan Audiens, Media Sosial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:57
Last Modified: 10 Jul 2025 07:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30060

Actions (login required)

View Item View Item