PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMBENTUK PILIHAN GENERASI Z : STUDI KASUS DUKUNGAN PRABOWO-GIBRAN DI PEMILU 2024

Azka, Wuni Khoiriyah (2025) PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMBENTUK PILIHAN GENERASI Z : STUDI KASUS DUKUNGAN PRABOWO-GIBRAN DI PEMILU 2024. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Sosial media menjadi platform baru untuk kampanye politik dalam pemilihan presiden 2024, digunakan untuk mensosialisasikan citra diri dan visi misi para kandidat dengan tujuan menarik dukungan suara. Sosial media ini banyak diakses oleh Generasi Z, sehingga menjadi sarana strategis untuk mencari informasi seputar politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami secara komperensif peran sosial media dalam membentuk pilihan politik Generasi Z pada Pemilu 2024 dengan studi kasus dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori agenda setting, penelitian ini mengkaji bagaimana sosial media dimanfaatkan sebagai alat kampanye untuk membentuk opini publik dan pilihan politik Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media memiliki peran yang signifikan dalam menyebarkan pesan-pesan politik yang menarik, mudah dipahami, dan relevan bagi pemilih muda. Selain itu, proses agenda setting yang diterapkan melalui sosial media turut membentuk opini Generasi Z terhadap isu-isu politik yang dianggap penting, sehingga mempengaruhi pilihan politik mereka, dengan memanfaatkan peran media sosial untuk berkampanye selama masa pemilu 2024 pasangan Prabowo-Gibran berhasil menarik dukungan dari Generasi Z, yang menunjukkan bahwa sosial media menjadi instrumen utama dalam politik modern, khususnya dalam membangun opini dan pilihamn politik pemilih muda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: Kampanye Politik, Sosial media, Generasi Z, Pemilu 2024, PrabowoGibran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:36
Last Modified: 24 Jun 2025 04:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29914

Actions (login required)

View Item View Item