Jahang, Yohana Sinarty (2025) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET DEKORASI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA LINIA DECORATION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (926kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2172.zip Restricted to Repository staff only Download (232MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Linia Decoration merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa dekorasi untuk berbagai acara seperti pertunangan, pernikahan, dan acara lainnya. Saat ini, Linia Decoration menghadapi masalah utama dalam proses pemesanan yang masih mengandalkan interaksi langsung maupun media sosial WhatsApp. Proses pemesanan yang ada saat ini dinilai kurang efektif, karena kesulitan dalam menjadwalkan pertemuan dengan pelanggan dan merespon pesan pelanggan dengan tepat waktu. Hal ini berpotensi menyebabkan keterlambatan dalam memproses pesanan dan bahkan kehilangan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan merancang sistem informasi pemesanan berbasis website menggunakan metode Waterfall. Metode ini meliputi langkah-langkah analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan sistem ini, Linia Decoration dapat mengelola pemesanan secara online, memberikan akses katalog layanan, mengelola ketersediaan tanggal, serta memproses pesanan dan transaksi pembayaran secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sistem informasi pemesanan berbasis web ini tidak hanya meningkatkan pengelolaan pesanan, tetapi juga mempermudah Linia Decoration dalam melayani pelanggan. Kontribusi penelitian ini bermanfaat bagi bisnis sejenis yang menghadapi tantangan serupa, sehingga dapat diadopsi sebagai solusi yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan usaha. Penelitian lebih lanjut juga dapat direkomendasikan untuk mengeksplorasi integrasi fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam sistem.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Linia Decoration, Waterfall, Website, Pemesanan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:55 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |