Maharani, Wulan Destiana (2025) STRATEGI CONTENT WRITER DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA RADAR MALIOBORO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan peneliti mengenai strategi seorang content writer dalam mempromosikan wisata Yogyakarta melalui media Radar Malioboro. Seorang content writer merupakan penulis profesional yang memproduksi berbagai macam konten-konten yang menarik di media online. Konten yang diciptakan sendiri bisa berupa artikel blog, post pada media sosial, dan atau hal apapun yang ditulis dan dipublikasikan pada platfrom online sama halnya seperti yang dilakukan content writer di media Radar Malioboro dalam mempromosikan wisata Yogyakarta. Wisata Yogyakarta memang populer, hanya saja wisata populer yang kebanyakan orang ketahui dari sisi Yogyakarta yaitu wisata Malioboro serta wisata ikonik Yogyakarta lainnya, padahal Yogyakarta sendiri mempunyai banyak sekali tempat wisata populer lain yang belum banyak orang ketahui. Akan tetapi dalam membuat artikel berita wisata Yogyakarta tidaklah mudah seperti yang dibayangkan seseorang mereka harus bisa menyusun kalimat berita yang bersifat mempersuasif dan mendeskripsikan artikel berita wisata Yogyakarta secara detail agar mampu membuat audiens ikut berimajinasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan berbagai upaya atau strategi yang efektif agar tepat sasaran dalam mengenalkan wisata Yogyakarta yang salah satunya dilakukan oleh Radar Malioboro. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kontruktivisme yang mana menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya diterima pasif dari lingkungan atau sumber eksternal saja, melainkan juga dibangun secara aktif oleh individu melalui interaksi mereka dengan lingkungan dan pengalaman mereka sendiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dengan melibatkan satu seorang editor berita dan satu tim content writer serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membuat artikel berita wisata Yogyakarta di media online harus melakukan riset serta tahapan-tahapan proses penulisan artikel berita wisata Yogyakarta unik dan menarik yang sifatnnya harus mempersuasif kepada para audiens online diluar sana agar mereka dapat berimajinasi dengan artikel wisata Yogyakarta tersebut sehingga mereka tertarik untuk mengangendakan berkunjung ke Yogyakarta dan media Radar Malioboro dapat dijadikan sebagai media yang mereka gemari serta menarik untuk dijadikan sebagai sumber informasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Radar Malioboro, Content writer, Wisata Yogyakarta | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:18 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |