PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PADA BENGKEL FADJAR MOTOR DENGAN INTEGRASI FITUR CHAT AI

Aryanto, Yoga Eka Kurniawan (2025) PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PADA BENGKEL FADJAR MOTOR DENGAN INTEGRASI FITUR CHAT AI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1877.zip
Restricted to Repository staff only

Download (96MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Proses pencatatan data barang dan transaksi di Bengkel Fadjar Motor Teknik Muntilan masih dilakukan secara manual, sehingga sulit mengelola data produk, transaksi, dan laporan penjualan secara efisien. Pelanggan juga harus datang langsung ke bengkel untuk memperoleh informasi, yang kurang praktis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi berbasis web menggunakan metode waterfall, dengan integrasi fitur Chat AI untuk memberikan informasi interaktif kepada pelanggan. Pengembangan sistem meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem dibangun menggunakan framework Laravel, bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Fitur Chat AI dirancang untuk menyediakan informasi seperti jadwal layanan, harga, dan promo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan data dan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi. Sistem ini diharapkan dapat diterapkan di bengkel lain untuk meningkatkan operasional dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sulistiyono, Mulia
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Bengkel, Waterfall, Laravel, Chat AI
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:40
Last Modified: 21 Apr 2025 06:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29536

Actions (login required)

View Item View Item