EVALUASI USER EXPERIENCE PADA WEBSITE PT. GANESHA ABADITAMA MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Hasanah, Nurul (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA WEBSITE PT. GANESHA ABADITAMA MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4442.zip
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user experience (UX) pada website PT. Ganesha Abaditama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi rempah-rempah dan bumbu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya UX dalam era digital, di mana website menjadi salah satu saluran utama interaksi perusahaan dengan pelanggan. Meskipun website telah dirancang dengan mempertimbangkan fungsionalitas dan tampilan, evaluasi ini dilakukan karena belum ada pengukuran objektif mengenai pengalaman pengguna yang dirasakan. Dampak dari UX yang buruk dapat berupa penurunan kepuasan pelanggan, penurunan engagement, hingga potensi kehilangan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ), sebuah kuesioner yang dirancang untuk mengukur UX secara komprehensif. Kuesioner disebarkan secara online kepada 100 responden yang merupakan pengguna website, ibu rumah tangga, dan pengusaha kuliner, dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif untuk mendapatkan nilai pada enam skala UEQ, yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Hasil ini memberikan gambaran area mana saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan UX website berdasarkan skala UEQ. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan rekomendasi perbaikan yang spesifik dan terukur bagi PT. Ganesha Abaditama. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengembang website, desainer UX, dan manajemen PT. Ganesha Abaditama untuk meningkatkan kualitas website dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: User Experience, UEQ, Evaluasi Website, PT. Ganesha Abaditama, Pengalaman Pengguna
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:48
Last Modified: 17 Apr 2025 06:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29497

Actions (login required)

View Item View Item