Fariansyah, Aswin (2024) PERSONAL BRANDING SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN CITRA PASANGAN CALON NOMOR URUT 2 DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @GERINDRA DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN PRESIDEN 2024. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
Abstract
Pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 sendiri memiliki ambience yang beragam, mulai dari gaya kampanye, slogan yang diciptakan masing-masing pasangan calon, serta personal branding tiap pasangan calon. Presiden terpilih Prabowo Subianto selaku Ketua Umum dari Partai Gerindra dengan Wakil Presiden terpilihnya Gibran Rakabuming Raka memiliki cara tersendiri dalam membentuk citra positif baik dikalangan sosial media maupun di kalangan masyarakat. Dalam hal ini partai juga memiliki peranan penting dalam membentuk citra positif guna mensukseskan pasangan yang diusung. Di era saat ini, penggunaan sosial media sebagai wadah kampanye khususnya platform sosial media Tiktok memiliki tingkat keefektifan yang cukup tinggi. Dikutip dari website dataindonesia.id Per Oktober 2023 hingga pada Januari 2024, pengguna aplikasi Tiktok sendiri mencapai di angka 126,83 juta dimana untuk penduduk usia produktif sendiri berkisar di angka 174-180 juta. Sedangkan Partai Gerindra, per tanggal 1 Agustus 2024 telah memiliki pengikut di Tiktok sebanyak 1,4 Juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan citra positif oleh presiden terpilih dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melalui akun Tiktok @Gerindra. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan dasar Teori The Eight Law Of Personal Branding. Dengan hal tersebut peneliti memperoleh temuan bahwasanya pada akun Tiktok @Gerindra lebih fokus pada pembentukan citra Prabowo Subianto dibandingkan Gibran Rakabuming Raka. Studi ini menunjukkan bahwa media sosial, terutama TikTok, telah menjadi alat kuat untuk kampanye, memungkinkan politisi menjangkau pemilih muda dan mempengaruhi opini publik. Konten dan penyampaian kampanye digital sangat penting untuk keberhasilan mereka. Selain itu, masalah yang diajukan oleh kandidat harus mencerminkan kebutuhan dan harapan masyarakat, serta masalah yang dihadapi Indonesia saat ini. Dengan memungkinkan komunikasi dua arah, telah menunjukkan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam strategi pembangunan negeri serta memberi masyarakat kesempatan untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses demokrasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Citra, TikTok, Gerindra | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Apr 2025 01:35 | ||
Last Modified: | 16 Apr 2025 01:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |