SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA LAYANAN APLIKASI BANKING BRIMO (BRI MOBILE BANKING) MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Hannan, Nazarudin Rafiq (2024) SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA LAYANAN APLIKASI BANKING BRIMO (BRI MOBILE BANKING) MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3420.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dimasa sekarang teknologi menjadi hal penting yang dapat mempengaruhi pola kehidupan dan perubahan manusia di sekitarnya.hal ini menjadi wajar mengingat perkembangan teknologi yang ada saat ini berkembang dengan cepat seiring dengan bertambahnya kebutuhan dan ilmu yang mendorong manusia untuk terus melakukan kemajuan ke arah yang lebih baik. sosial media menjadi contoh bukti adanya ilmu teknologi salah satu yang bisa diambil adalah platform twitter. Twitter menjadi pusat berkembangnya informasi terbaru yang bisa di akses oleh semua berbagai kalangan yang di dseluruh dunia dengan pengguna yang mencapai mencapai 18,45 di indonesia. Disamping itu teknologi Mobile banking merupakan salah satu produk perbankan yang dapat memberikan kemudahan bagi nasabah. Salah satu mobile banking populer adalah BRImo. Ulasan pengguna menjadi sumber informasi penting bagi developer untuk memahami keluhan pengguna serta meningkatkan pengembangan aplikasi. Namun tidak semua ulasan mewakili pendapat tentang aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen guna mengekstrak informasi dan mengklasifikasikan data ulasan ke dalam sentimen positif dan negatif dengan mengimplementasikan algoritma Naïve Bayes.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama, Hastari
Uncontrolled Keywords: Twitter, Naïve Bayes, Sentimen, Signal
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:01
Last Modified: 11 Apr 2025 04:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item