STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA “SENYUM TAMANAN” DALAM MELAKUKAN PENGEMBANGAN WISATA

Setyono, Jecey Amanda (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA “SENYUM TAMANAN” DALAM MELAKUKAN PENGEMBANGAN WISATA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

Pertumbuhan industri pariwisata tidak hanya berdampak pada pendapatan devisa negara, tetapi juga membuka peluang usaha baru dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Seperti yang dilakukan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, yaitu Senyum Tamanan. Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi komunikasi pemasaran pariwisata Senyum Tamanan dalam melakukan pengembangan wisata menggunakan pendekatan teori bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik) serta menggabungkan elemen pemasaran pariwisata seperti branding destinasi, penggunaan media sosial, kampanye influencer, pemasaran konten, dan promosi acara. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, di mana data yang diperoleh dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai bentuk teknik pengumpulan data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan 7P secara efektif dapat meningkatkan daya tarik destinasi, memperkuat citra merek, dan memperluas jangkauan pasar. Branding destinasi yang kuat, dukungan media sosial yang aktif, serta kolaborasi dengan influencer dan strategi pemasaran konten yang kreatif terbukti efektif dalam menarik minat wisatawan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggabungkan antara marketing mix 7P dengan elemen pemasaran pariwisata memainkan peran penting dalam membangun citra positif dan daya tarik pariwisata.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mahendra P., Angga Intueri
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Bauran Pemasaran 7P, Branding Destinasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:21
Last Modified: 04 Dec 2024 06:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item