Nursafitri, Iga (2024) SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA TWITTER TERHADAP KEPUASAN BELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE KNN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2012.zip Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
Abstract
Pada era sekarang sudah banyak masyarakat menggunakan media social sebagai platform untuk berkomunikasi dan mengekspresikan minat dan pendapat mereka terhadap banyak hal. Salah satu media sosial yang digunakan yaitu twitter, banyak masyarakat menggunakan twitter untuk mengekspresikan pendapat atau opini mereka terhadap sesuatu, seperti memberikan pendapat tentang bagaimana pengalaman mereka dalam berbelanja online. Banyak masyarakat yang semakin lama semakin tertarik menggunakan marketplace untuk berbelanja kebutuhannya, baik itu belanja pakaian, skincare, elektronik, maupun makanan. Salah satu marketplace yang digunakan untuk berbelanja online adalah Shopee. Semakin banyak masyarakat yang melakukan transaksi belanja online semakin banyak pula opini-opini bermunculan mengenai pengalaman mereka dalam berbelanja. Opini tersebut tentunya memikliki nilai yang bervariasi yaitu ada yang bernada positif, negative dan juga netral. Opini tersebut dapat dijadikan sebagai sumber data untuk melakukan penilaian sentimen terhadap suatu topik yang ada di twitter. Untuk itu, peneliti ingin melakukan analisis sentimen untuk mengetahui bagaimana opini para pengguna twitter terhadap kepuasan mereka dalam berbelanja online pada marketplace shopee, apakah opini tersebut bersifat positif, negatif, atau netral, sehingga menjadi peluang bagi marketplace untuk bisa meningkatkan pelayanan yang ada. Dalam melakukan analisis sentimen untuk mengetahui opini pengguna twitter terhadap kepuasan dalam berbelanja online selama pandemi, peneliti menggunakan algoritma K-NN.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Twitter, Analisis Sentiment, Shopee, Belanja Online, KNN | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:11 | ||
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28426 |
Actions (login required)
View Item |