SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA TWITTER TERHADAP KEPUASAN BELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE KNN

Nursafitri, Iga (2024) SENTIMEN ANALISIS PENGGUNA TWITTER TERHADAP KEPUASAN BELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE KNN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2012.zip
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Pada era sekarang sudah banyak masyarakat menggunakan media social sebagai platform untuk berkomunikasi dan mengekspresikan minat dan pendapat mereka terhadap banyak hal. Salah satu media sosial yang digunakan yaitu twitter, banyak masyarakat menggunakan twitter untuk mengekspresikan pendapat atau opini mereka terhadap sesuatu, seperti memberikan pendapat tentang bagaimana pengalaman mereka dalam berbelanja online. Banyak masyarakat yang semakin lama semakin tertarik menggunakan marketplace untuk berbelanja kebutuhannya, baik itu belanja pakaian, skincare, elektronik, maupun makanan. Salah satu marketplace yang digunakan untuk berbelanja online adalah Shopee. Semakin banyak masyarakat yang melakukan transaksi belanja online semakin banyak pula opini-opini bermunculan mengenai pengalaman mereka dalam berbelanja. Opini tersebut tentunya memikliki nilai yang bervariasi yaitu ada yang bernada positif, negative dan juga netral. Opini tersebut dapat dijadikan sebagai sumber data untuk melakukan penilaian sentimen terhadap suatu topik yang ada di twitter. Untuk itu, peneliti ingin melakukan analisis sentimen untuk mengetahui bagaimana opini para pengguna twitter terhadap kepuasan mereka dalam berbelanja online pada marketplace shopee, apakah opini tersebut bersifat positif, negatif, atau netral, sehingga menjadi peluang bagi marketplace untuk bisa meningkatkan pelayanan yang ada. Dalam melakukan analisis sentimen untuk mengetahui opini pengguna twitter terhadap kepuasan dalam berbelanja online selama pandemi, peneliti menggunakan algoritma K-NN.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Abdulloh, Ferian Fauzi
Uncontrolled Keywords: Twitter, Analisis Sentiment, Shopee, Belanja Online, KNN
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:11
Last Modified: 26 Nov 2024 07:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item