ANALISIS SENTIMEN TERHADAP APLIKASI BRIMO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Jaya, Rifqi Kumara (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP APLIKASI BRIMO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2728.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

BRImo merupakan aplikasi perbankan digital terbaru dari Bank BRI yang berbasis internet, memudahkan baik nasabah maupun non-nasabah BRI untuk bertransaksi dengan antarmuka dan pengalaman pengguna terbaru. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti pengenalan wajah untuk masuk, sidik jari untuk masuk, top up GoPay, pembayaran dengan QR code, dan berbagai fitur menarik lainnya. Setiap transaksi memiliki opsi sumber dana dari rekening giro atau tabungan. Popularitas aplikasi BRImo yang meningkat mendorong pengguna untuk berbagi pendapat mereka mengenai pengalaman menggunakan aplikasi ini di Google Play Store. Sebuah riset dilakukan untuk mengevaluasi performa aplikasi ini dengan menganalisis pendapat pengguna yang diungkapkan melalui komentar di Google Play Store. Langkahlangkah penelitian melibatkan pengumpulan data dari Google Play Store dan mengkategorikan sentimen menjadi positif, negatif, atau netral. Proses penelitian meliputi pembersihan data, penyederhanaan huruf, pemisahan kata, penyaringan, dan pemangkasan kata menjadi bentuk dasar. Selanjutnya, bobot tiap kata dihitung menggunakan metode TF-IDF. Analisis sentimen dilakukan dengan menerapkan metode Klasifikasi Naïve Bayes (NBC). Hasil dari penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat bagi para pembuat konten dan pemerintah dalam memantau opini publik terkait aplikasi BRImo. Selain itu, temuan dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian masa depan dalam pengembangan metode analisis sentimen. Berdasarkan uji coba menggunakan 10.000 data, metode Naïve Bayes menghasilkan rata-rata recall sebesar 76%, presisi 84%, dan akurasi 77%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Yuli
Uncontrolled Keywords: Naïve Bayes, Analisis Sentimen, BRImo, Bank, Perbankan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:29
Last Modified: 26 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28416

Actions (login required)

View Item View Item