Jaya, Rifqi Kumara (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP APLIKASI BRIMO MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2728.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
Abstract
BRImo merupakan aplikasi perbankan digital terbaru dari Bank BRI yang berbasis internet, memudahkan baik nasabah maupun non-nasabah BRI untuk bertransaksi dengan antarmuka dan pengalaman pengguna terbaru. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti pengenalan wajah untuk masuk, sidik jari untuk masuk, top up GoPay, pembayaran dengan QR code, dan berbagai fitur menarik lainnya. Setiap transaksi memiliki opsi sumber dana dari rekening giro atau tabungan. Popularitas aplikasi BRImo yang meningkat mendorong pengguna untuk berbagi pendapat mereka mengenai pengalaman menggunakan aplikasi ini di Google Play Store. Sebuah riset dilakukan untuk mengevaluasi performa aplikasi ini dengan menganalisis pendapat pengguna yang diungkapkan melalui komentar di Google Play Store. Langkahlangkah penelitian melibatkan pengumpulan data dari Google Play Store dan mengkategorikan sentimen menjadi positif, negatif, atau netral. Proses penelitian meliputi pembersihan data, penyederhanaan huruf, pemisahan kata, penyaringan, dan pemangkasan kata menjadi bentuk dasar. Selanjutnya, bobot tiap kata dihitung menggunakan metode TF-IDF. Analisis sentimen dilakukan dengan menerapkan metode Klasifikasi Naïve Bayes (NBC). Hasil dari penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat bagi para pembuat konten dan pemerintah dalam memantau opini publik terkait aplikasi BRImo. Selain itu, temuan dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian masa depan dalam pengembangan metode analisis sentimen. Berdasarkan uji coba menggunakan 10.000 data, metode Naïve Bayes menghasilkan rata-rata recall sebesar 76%, presisi 84%, dan akurasi 77%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Naïve Bayes, Analisis Sentimen, BRImo, Bank, Perbankan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:29 | ||
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28416 |
Actions (login required)
View Item |