Caturwani, Berlianita Indah (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PENERAPAN STRUKTUR 3 BABAK DALAM PENULISAN NASKAH IKLAN LAYANAN MASYARAT HKI BAGI IKM DI PDIN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Scripwriter atau penulis naskah merupakan salah satu peran yang penting dalam pembuatan naskah untuk karya visual,baik pra produksi dan produksi. Scripwriter berperan untuk merancang konsep komunikasi iklan dan seluruh eksekusi berbasis tulisan sesuai dengan kebutuhan klien. Termasuk ketika sebuah produk ingin membangun awareness dari produk yang baru diluncurkan. Tulisan ini membahas peran penulis naskah dalam iklan layanan masyarakat pelayanan HKI di PDIN Yogyakarta. Dalam suatu kampanye pemasaran dan periklanan, pemilihan media menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kampanye. Maka diperlukan pemilihan media serta strategi yang tepat hingga dapat memberikan dampak efektif terhadap keberhasilan kampanye iklan layanan tersebut. Metode yang digunakan dalam menyusun scripwriter didasarkan pada konten pilar untuk menyampaikan pesan iklan kepada audiens, yakni 1) konten informatif yang menitik beratkan pesan pada keunggulan Unique Selling Point (USP) dan 2) konten hiburan interaktif yang berfungsi untuk menghibur dan berinteraksi agar dapat meningkatkan audiens dan 3) pengaruh karakter teman pada iklan yang di tampilkan. Hasilnya dalam iklan layanan masyarakat pelayanan HKI di PDIN Penulis naskah (scriptwriter) juga berperan dalam pembuatan breakdown scene agar menjadi alur cerita video iklan yang menarik, serta dapat mempersuasi target audiens yang dituju. (scriptwriter) menjadi hal terpenting dalam produksi video iklan, untuk memudahkan para kru untuk mendapatkan kelancaran produksi video iklan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Penulis, Iklan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:47 | ||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28308 |
Actions (login required)
View Item |