{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PENERAPAN STRUKTUR 3 BABAK DALAM PENULISAN NASKAH IKLAN LAYANAN MASYARAT HKI BAGI IKM DI PDIN YOGYAKARTA

Caturwani, Berlianita Indah (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PENERAPAN STRUKTUR 3 BABAK DALAM PENULISAN NASKAH IKLAN LAYANAN MASYARAT HKI BAGI IKM DI PDIN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Scripwriter atau penulis naskah merupakan salah satu peran yang penting dalam pembuatan naskah untuk karya visual,baik pra produksi dan produksi. Scripwriter berperan untuk merancang konsep komunikasi iklan dan seluruh eksekusi berbasis tulisan sesuai dengan kebutuhan klien. Termasuk ketika sebuah produk ingin membangun awareness dari produk yang baru diluncurkan. Tulisan ini membahas peran penulis naskah dalam iklan layanan masyarakat pelayanan HKI di PDIN Yogyakarta. Dalam suatu kampanye pemasaran dan periklanan, pemilihan media menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kampanye. Maka diperlukan pemilihan media serta strategi yang tepat hingga dapat memberikan dampak efektif terhadap keberhasilan kampanye iklan layanan tersebut. Metode yang digunakan dalam menyusun scripwriter didasarkan pada konten pilar untuk menyampaikan pesan iklan kepada audiens, yakni 1) konten informatif yang menitik beratkan pesan pada keunggulan Unique Selling Point (USP) dan 2) konten hiburan interaktif yang berfungsi untuk menghibur dan berinteraksi agar dapat meningkatkan audiens dan 3) pengaruh karakter teman pada iklan yang di tampilkan. Hasilnya dalam iklan layanan masyarakat pelayanan HKI di PDIN Penulis naskah (scriptwriter) juga berperan dalam pembuatan breakdown scene agar menjadi alur cerita video iklan yang menarik, serta dapat mempersuasi target audiens yang dituju. (scriptwriter) menjadi hal terpenting dalam produksi video iklan, untuk memudahkan para kru untuk mendapatkan kelancaran produksi video iklan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Peran, Penulis, Iklan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:47
Last Modified: 22 Nov 2024 03:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28308

Actions (login required)

View Item View Item