Jamil, Andhika Achmad (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “EDUKASI PENGGUNA KNALPOT BRONG”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (294kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (53kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
Abstract
Proses sutradara dalam menciptakan iklan layanan masyarakat yang bekerjasama dengan polresta yogyakrta. Penertiban knalpot brong merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban dalam masyarakat. Seiring dengan banyaknya kendaraan dan gaya hidup tentunya mempengaruhi tingkat terjadinya pelanggaran lalu lintas, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam penertiban pelanggaan lalu lintas di wilayah hukumnya. Sutradara berperan mengarahkan proses terbentuknya sebuah karya audio visual, baik itu dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis proses sutradara dalam meralisasikan pesan yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat (ILM) berjudul “Edukasi masyarakat pengguna knalpot brong” Fokus utama dalam penelitian ini ialah mengungkap bagaimana sutradara memanfaatkan elemen-elemen kreatif seperti sinematografi dan narasi visual untuk menyampaikan edukasi ke masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis iklan AIDCA oleh Jefkins. AIDCA yang menjadi acuan dalam pesan dalam ILM ini, merupakan singkatan dari attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), conviction (keyakinan), dan action (tindakan). Temuan ini menyoroti tentang pentingnya keputusan sutradara dalam memilih adegan, visual, dan pesan naratif terperinci yang mendalam untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memahami proses sutradara dalam pembuatan iklan layanan masyarakat sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Proses Sutradara, Iklan Layanan Masyarakat, AIDCA, Edukasi Knalpot Brong | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:00 | ||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28300 |
Actions (login required)
View Item |