{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “EDUKASI PENGGUNA KNALPOT BRONG”

Jamil, Andhika Achmad (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PROSES SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “EDUKASI PENGGUNA KNALPOT BRONG”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Proses sutradara dalam menciptakan iklan layanan masyarakat yang bekerjasama dengan polresta yogyakrta. Penertiban knalpot brong merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban dalam masyarakat. Seiring dengan banyaknya kendaraan dan gaya hidup tentunya mempengaruhi tingkat terjadinya pelanggaran lalu lintas, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam penertiban pelanggaan lalu lintas di wilayah hukumnya. Sutradara berperan mengarahkan proses terbentuknya sebuah karya audio visual, baik itu dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis proses sutradara dalam meralisasikan pesan yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat (ILM) berjudul “Edukasi masyarakat pengguna knalpot brong” Fokus utama dalam penelitian ini ialah mengungkap bagaimana sutradara memanfaatkan elemen-elemen kreatif seperti sinematografi dan narasi visual untuk menyampaikan edukasi ke masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis iklan AIDCA oleh Jefkins. AIDCA yang menjadi acuan dalam pesan dalam ILM ini, merupakan singkatan dari attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), conviction (keyakinan), dan action (tindakan). Temuan ini menyoroti tentang pentingnya keputusan sutradara dalam memilih adegan, visual, dan pesan naratif terperinci yang mendalam untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memahami proses sutradara dalam pembuatan iklan layanan masyarakat sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purbakusuma, Angga Intueri Mahendra
Uncontrolled Keywords: Proses Sutradara, Iklan Layanan Masyarakat, AIDCA, Edukasi Knalpot Brong
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:00
Last Modified: 22 Nov 2024 03:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item View Item