ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (NBC)

Harto, Dimas Rizki (2024) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (NBC). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1776.zip
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia salah satu negara yang memiliki beragam budaya dan wisata melimpah ruah salah satunya terdapat di kota Ambon. Kota Ambon sendiri merupakan salah satu kepulaun yang memiliki banyak pilihan tempat wisata untuk dikunjungi, wisata dan budaya salah satu faktor yang sangat dijunjung tinggi dan sangat berpengaruh besar dalam berlangsungnya pembangunan di suatu daerah. Namun, upaya untuk meningkatkan pariwisata di kota ini masih menghadapi tantangan dalam menilai kepuasan dan persepsi wisatawan. Dengan adanya dorongan dari masyarakat sekitar yang sadar akan alam bahari Pemerintah Ambon diharapkan dapat mengembangkan dan turut serta memajukan wisata alam yang terdapat di wilayahnya. Media sosial adalah ruang yang dimanfaatkan sebagai salah satu sarana bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga dapat digunakan untuk berbagi informasi dan menyampaikan berbagai pendapat di internet. Tanggapan dan komentar dari pengunjung wisata sangat diperlukan untuk keberlangsungan pengembangan objek suatu tempat wisata. Dengan adanya feedback dari beberapa pengunjung diharapkan nantinya akan mempermudah pemerintah dapat menentukan langkah apa yang akan diambil kemudian hari untuk meningkatkan potensi objek tempat wisata yang ada di kota Ambon baik secara fisik maupun nonfisik. Data sentimen diperoleh melalui pengumpulan data dari media sosial dan platform Google Maps. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari Sentimen Analysis dan bagaimana metode dari algoritma Naive Bayes dalam melakukan sebuah proses klasifikasi positif negatif serta netral berdasarkan komentar pengunjung wisata. Berdasarkan hasil klasifikasi penelitian sentimen sebanyak 439 ulasan, dihasilkan 72,9% ulasan dengan label positif, sementara 60 ulasan sekitar 13.7%memiliki label negatif, dan 59 ulasan sekitar 13.4% label positif negatif. Evaluasi hasil pada penelitian mendapatkan tingkat akurasi 0,84%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kusnawi, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Wisata, Masukan, Sentimen Analisis, , Data, Naive Bayes, Komentar
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:02
Last Modified: 19 Nov 2024 02:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28124

Actions (login required)

View Item View Item