Harto, Dimas Rizki (2024) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (NBC). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1776.zip Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia salah satu negara yang memiliki beragam budaya dan wisata melimpah ruah salah satunya terdapat di kota Ambon. Kota Ambon sendiri merupakan salah satu kepulaun yang memiliki banyak pilihan tempat wisata untuk dikunjungi, wisata dan budaya salah satu faktor yang sangat dijunjung tinggi dan sangat berpengaruh besar dalam berlangsungnya pembangunan di suatu daerah. Namun, upaya untuk meningkatkan pariwisata di kota ini masih menghadapi tantangan dalam menilai kepuasan dan persepsi wisatawan. Dengan adanya dorongan dari masyarakat sekitar yang sadar akan alam bahari Pemerintah Ambon diharapkan dapat mengembangkan dan turut serta memajukan wisata alam yang terdapat di wilayahnya. Media sosial adalah ruang yang dimanfaatkan sebagai salah satu sarana bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga dapat digunakan untuk berbagi informasi dan menyampaikan berbagai pendapat di internet. Tanggapan dan komentar dari pengunjung wisata sangat diperlukan untuk keberlangsungan pengembangan objek suatu tempat wisata. Dengan adanya feedback dari beberapa pengunjung diharapkan nantinya akan mempermudah pemerintah dapat menentukan langkah apa yang akan diambil kemudian hari untuk meningkatkan potensi objek tempat wisata yang ada di kota Ambon baik secara fisik maupun nonfisik. Data sentimen diperoleh melalui pengumpulan data dari media sosial dan platform Google Maps. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dari Sentimen Analysis dan bagaimana metode dari algoritma Naive Bayes dalam melakukan sebuah proses klasifikasi positif negatif serta netral berdasarkan komentar pengunjung wisata. Berdasarkan hasil klasifikasi penelitian sentimen sebanyak 439 ulasan, dihasilkan 72,9% ulasan dengan label positif, sementara 60 ulasan sekitar 13.7%memiliki label negatif, dan 59 ulasan sekitar 13.4% label positif negatif. Evaluasi hasil pada penelitian mendapatkan tingkat akurasi 0,84%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Wisata, Masukan, Sentimen Analisis, , Data, Naive Bayes, Komentar | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:02 | ||
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28124 |
Actions (login required)
View Item |