Haryani, Nurul Fitria (2024) PERAN KONTEN KREATOR DALAM PENINGKATAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI MSV STUDIO (STUDI KASUS AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @APAKABARMUSASTORE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
Abstract
Media sosial menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, dengan platform-platform seperti facebook, twitter, dan instagram memainkan peran utama dalam komunikasi global. Media sosial memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan menciptakan konten dengan mudah. Pemahaman mendalam tentang peran konten kreator dalam konteks instagram dan bagaimana mereka dapat meningkatkan engagement menjadi fokus utama studi ini. Engagement tidak hanya menjadi ukuran seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten, tetapi juga sejauh mana interaksi tersebut memberikan dampak positif. Permasalahan pada kajian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran konten kreator meningkatkan keterlibatan (engagement) pada media sosial instagram di MSV Studio @apakabarmusastore. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus (field research) dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah paradigma konstruktivisme. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan demikian peneliti memahami beberapa hal yang berkaitan dengan peran konten kreator dalam meningkatkan engagement diakun Instagram @apakabarmusastore. Hasil penelitian ini menemukan strategi komunikasi dari konten kreator di MSV Studio @apakabarmusastore telah dilakukan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang masih belum efektif dalam penyampaian pesan melalui konten. Berdasarkan data insight yang ada, tingkat engagement rate yang diperoleh masih dibawah rata-rata, dengan angka hanya mencapai 0,79%. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk peningkatan dalam menciptakan konten yang lebih menarik dan interaktif agar dapat meningkatkan engagement rate di media sosial Instagram @apakabarmusastore. Tapi untuk peran dari konten kreator @apakabarmusastore masih berusaha mengevaluasi dengan berkolaborasi dengan tim kreatif dilakukan melalui diskusi untuk menyempurnakan konsep konten, Penelitian ini diharapkan menambah literasi dan memberikan sudut pandang baru.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Konten Kreator, Engagement, Media Sosial, Komunikasi Pemasaran | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 06:43 | ||
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27865 |
Actions (login required)
View Item |