Baiti, Annafi Nurul (2024) PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI KAMPUNG BATIK GIRILOYO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (826kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
Abstract
Batik adalah sebuah seni rupa murni dua dimensi warisan dunia dari negara Indonesia dan menjadi ciri khas dari budaya Indonesia, khususnya Jawa. Sementara itu, menurut UNESCO, batik dinilai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal. Batik juga disebutkan memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah. Pengakuan dunia terhadap keberadaan batik di Indonesia, harus memotivasi generasi muda untuk bangga dengan batik dan menjaga budaya warisan ini sampai ke generasi berikutnya. Tetapi di balik itu semua, di era modernisasi saat ini justru batik mulai kurang diminati oleh generasi muda, alih-alih melestarikan seni budaya peninggalan leluhur nyatanya generasi muda saat ini lebih meminati budaya luar salah satu contohnya adalah mengenai fashion. Dengan begitu penulis memiliki keinginan untuk turut serta menjaga warisan budaya asli Indonesia ini dengan berkerjasama dengan salah satu paguyuban kampung batik Giriloyo yang berada di desa Karang Kulon, Wukirasih, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kerjasama tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah video company profile kampung batik giriloyo, yang nantinya video tersebut sebagai video promosi kampung batik giriloyo agar lebih di kenal luas, nantinya video tersebut akan di publikasikan di chanel youtube kampung batik giriloyo. Memilih Kampung Batik Giriloyo sebagai mitra karena ingin mempromosikan agar dikenal oleh masyarakat sekitar dan masyarakat luar lainya, karena menurut wawancara yang dilakukan terhadap warga sekitar Bantul ada yang belum mengetahui adanya batik tulis giriloyo. Padahal Kampung Batik tersebut cukup menarik untuk dikunjungi karena menurut yogya.inews.com 90% penduduk disana adalah pengrajin batik dan disana terdapat paguyuban yang batik tulis yang memperbolehkan pengunjung untuk melihat proses pembuatan batik tulis dan memperbolehkan pengunjung untuk belajar membuat batik tulis. Dalam proses produksi video company profile ini penulis berperan sebagai sutradara.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Company Profile, Batik, Sutradara, Promosi, Budaya | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 01:39 | ||
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27753 |
Actions (login required)
View Item |