ANALISIS USER USABILITY PADA E-MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE

Budi, Andy Setyo (2020) ANALISIS USER USABILITY PADA E-MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 16.12.9312 - Andy Setyo Budi - Andy Setyo Budi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini teknologi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan usaha di berbagai bidang, termasuk dalam bidang bisnis. Kegiatan belanja secara daring sangat mudah dilakukan serta banyak diminati oleh pengguna internet terutama di Indonesia. E-Marketplace merupakan sebuah website yang menghubungkan antara pembeli dan penjual melalui internet. Pada dasarnya EMarketplace hanya menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Kemudahan layanan yang telah disediakan membuat proses jual beli semakin mudah untuk digunakan. Terdapat banyak E-Marketplace di Indonesia, namun penulis hanya mengambil sampel dari 3 E-Marketplace yang tertinggi jumlah pengunjungnya yaitu Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Ketiga E-Marketplace tersebut tentu memiliki tampilan dan menu yang berbeda-beda. Maka dari itulah pada penelitian ini bermaksud untuk (1) Untuk menambah pengetahuan dalam menganalisis kegunaan tampilan user interface pada website E-Marketplace. (2) Penelitian ditujukan untuk menguji tampilan user interface pada ketiga website EMarketplace terhadap kebutuhan pengguna. (3) Penilitian ini juga ditujukan untuk mengkomparasi manakah tampilan user interface dari ketiga website EMarketplace yang paling mendekati dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tujuan menganalisa kegunaan tampilan / User Interface pada sebuah e-marketplace adalah untuk mengetahui tampilan emarketplace mana yang paling mudah dan efektif untuk dioperasikan menurut pandangan pengguna. (2) Nilai System Usability Scale terbaik adalah Tokopedia dengan skor 74,5. (3) Sedangkan skor User Interface terbaik adalah Bukalapak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hayaty, Mardhiya
Uncontrolled Keywords: E-Marketplace, System Usability Scale, User Interface
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2022 04:16
Last Modified: 18 Aug 2023 02:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item