REPRESENTASI MOTIVASI DAN PERJUANGAN PADA IKLAN GRAB VERSI “PERCAYA”

Susanti, Ni Putu (2024) REPRESENTASI MOTIVASI DAN PERJUANGAN PADA IKLAN GRAB VERSI “PERCAYA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Iklan merupakan proses komunikasi yang memiliki kekuatan sebagai alat pemasaran dalam penjualan, dengan memberikan layanan serta gagasan atau ide melalui sasaran dalam bentuk informasi yang bersifat persuasif. Media sebagai sarana ini dimanfaatkan oleh pengiklan seperti perusahaan produk dan jasa, salah satunya perusahaan jasa transportasi online yaitu iklan Grab versi “Percaya” melalui akun YouTube resminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi motivasi dan perjuangan yang terkandung dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teori analisis Semiotika Roland Barthesdan mengaplikasikan tanda denotasi, konotasi dan mitos pada suara, narasi dan gambar perscene dalam iklan Grab versi “Percaya”. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah representasi motivasi untuk bergerak mencapai arah tujuan yang diinginkan dan representasi perjuangan untuk bangkit dari keterpurukan Dengan mengangkat tema isu mengenai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia saat ini, diharapkan pesan pada iklan mampu memberikan dorongan motivasi dan perjuangan dalam iklan dapat diterima oleh penonton.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agusta, Rivga
Uncontrolled Keywords: Roland Barthes, Semiotika, Grab Indonesia, Iklan, YouTube
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:35
Last Modified: 25 Jul 2024 03:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26480

Actions (login required)

View Item View Item