Susanti, Ni Putu (2024) REPRESENTASI MOTIVASI DAN PERJUANGAN PADA IKLAN GRAB VERSI “PERCAYA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (896kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (414kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
Abstract
Iklan merupakan proses komunikasi yang memiliki kekuatan sebagai alat pemasaran dalam penjualan, dengan memberikan layanan serta gagasan atau ide melalui sasaran dalam bentuk informasi yang bersifat persuasif. Media sebagai sarana ini dimanfaatkan oleh pengiklan seperti perusahaan produk dan jasa, salah satunya perusahaan jasa transportasi online yaitu iklan Grab versi “Percaya” melalui akun YouTube resminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi motivasi dan perjuangan yang terkandung dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teori analisis Semiotika Roland Barthesdan mengaplikasikan tanda denotasi, konotasi dan mitos pada suara, narasi dan gambar perscene dalam iklan Grab versi “Percaya”. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah representasi motivasi untuk bergerak mencapai arah tujuan yang diinginkan dan representasi perjuangan untuk bangkit dari keterpurukan Dengan mengangkat tema isu mengenai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia saat ini, diharapkan pesan pada iklan mampu memberikan dorongan motivasi dan perjuangan dalam iklan dapat diterima oleh penonton.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Roland Barthes, Semiotika, Grab Indonesia, Iklan, YouTube | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:35 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26480 |
Actions (login required)
View Item |