ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK COMMUTER LINE KRL YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Tyas, Rita Ayuning (2024) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK COMMUTER LINE KRL YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Rita Ayuning Tyas.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Commuter Line Jogja - Solo merupakan layanan transportasi publik yang diminati oleh masyarakat. Rute perjalanan sekitar 60 menit dengan 13 stasiun tujuan, dengan harga yang sangat terjangkau. Para pengguna layanan Commuter Line terdiri dari keluarga yang ingin berwisata, para pelajar, dan pekerja. Para pengguna hanya perlu datang ke stasiun terdekat dan menunggu kedatangan Commuter Line sesuai jadwal. Karena para pengguna yang sangat antusias, maka pelayanan dari Commuter Line juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan agar para pengguna merasa nyaman dan aman. Untuk itu perlu dilakukan survey pengguna untuk melihat tanggapan mereka seputar Commuter Line, dengan membagikan form survey saat para penggguna berada di gerbong atau membagikan ke pengguna yang pernah menggunakan layanan Commuter Line dan meminta mereka untuk mengisinya. Analisis sentimen dilakukan untuk klasifikasi hasil kuisioner ke dalam sentimen positif dan negatif dengan algoritma Support Vector Machine (SVM). Data yang digunakan sebanyak 152 dan menghasilkan sentiment positif sebesar 51.4%, sentiment netral 41% dan sentiment negative 7,6%. Selain itu didapatkan hasil accuracy terbesar menggunakan kernel linear dan sigmoid dengan nilai yang sama yaitu 75,86% . Hasil akhir dari penelitian ini bisa digunakan pihak Commuter Line melakukan evaluasi, dan memperbaiki keluhan-keluhan dari para pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utami, Ema
Uncontrolled Keywords: Commuter Line, Jogja-Solo, SVM, Kuisioner
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:04
Last Modified: 06 Sep 2024 04:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item