Tyas, Rita Ayuning (2024) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK COMMUTER LINE KRL YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Rita Ayuning Tyas.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
Abstract
Commuter Line Jogja - Solo merupakan layanan transportasi publik yang diminati oleh masyarakat. Rute perjalanan sekitar 60 menit dengan 13 stasiun tujuan, dengan harga yang sangat terjangkau. Para pengguna layanan Commuter Line terdiri dari keluarga yang ingin berwisata, para pelajar, dan pekerja. Para pengguna hanya perlu datang ke stasiun terdekat dan menunggu kedatangan Commuter Line sesuai jadwal. Karena para pengguna yang sangat antusias, maka pelayanan dari Commuter Line juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan agar para pengguna merasa nyaman dan aman. Untuk itu perlu dilakukan survey pengguna untuk melihat tanggapan mereka seputar Commuter Line, dengan membagikan form survey saat para penggguna berada di gerbong atau membagikan ke pengguna yang pernah menggunakan layanan Commuter Line dan meminta mereka untuk mengisinya. Analisis sentimen dilakukan untuk klasifikasi hasil kuisioner ke dalam sentimen positif dan negatif dengan algoritma Support Vector Machine (SVM). Data yang digunakan sebanyak 152 dan menghasilkan sentiment positif sebesar 51.4%, sentiment netral 41% dan sentiment negative 7,6%. Selain itu didapatkan hasil accuracy terbesar menggunakan kernel linear dan sigmoid dengan nilai yang sama yaitu 75,86% . Hasil akhir dari penelitian ini bisa digunakan pihak Commuter Line melakukan evaluasi, dan memperbaiki keluhan-keluhan dari para pengguna.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Commuter Line, Jogja-Solo, SVM, Kuisioner | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:04 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2024 04:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25974 |
Actions (login required)
View Item |