Hardian, Arief (2024) ANALISI POLITICAL BRANDING PRABOWO DAN GIBRAN SELAMA KAMPANYE PEMILU 2024 MELALUI MEDIA INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (485kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
Abstract
Political branding merupakan suatu upaya membangun serta mengelola persepsi terhadap suatu Partai politik atau kandidat calon politik yang mencalonkan diri dengan tujuan memperkenalkan serta mempromosikan Partai politik atau kandidat tersebut agar nantinya dapat dikenal dan dipilih oleh masyarakat. Indonesia sebagai negara demokratis setiap lima tahun sekali selalu melaksanakan pemilihan umum. Pada bulan Oktober 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024 dengan dihadiri oleh tiga pasangan capres-cawapres yang bersaing dalam Pilpres 2024. Capres dan cawapres yang akan bersaing adalah pasangan dengan nomor urut,Digelarnya deklarasi tersebut membuat bakal pasangan calon presiden melaksanakan kampanye agar meyakinkan masyarakat untuk memilih mereka. Kampanye yang dilaksanakan bakal calon pasangan capres-cawapres dilakukan secara langsung dan melalui media sosial salah satunya yang disoroti oleh penulis yaitu media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Political branding yang dilakukan salah satu kandidat calon presiden dan wakil presiden pasangan nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di media sosial selama kampanye pemilu 2024 dimulai pada tanggal 28 November 2023 hingga 26 Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kualitatif dengan melakukan pengkategorisasian koding terhadap tema dalam Political branding pada unggahan media sosial akun @Prabowo dan @Gibran_rakabuming. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Political branding Prabowo dan Gibran yang terdiri dari citra personal meliputi kepemimpinan, integritas, dan kredibilitas, pesan politik yang meliputi visi serta program mereka dan hastag yang digunakan dalam unggahan, serta aktivitas kampanye meliputi kegiatan kampanye yang dilakukan dan diunggah di media sosial.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Political Branding ,Kampanye Politik, Instagram, Pemilu 2024 | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:53 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 01:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25126 |
Actions (login required)
View Item |