ANALISI POLITICAL BRANDING PRABOWO DAN GIBRAN SELAMA KAMPANYE PEMILU 2024 MELALUI MEDIA INSTAGRAM

Hardian, Arief (2024) ANALISI POLITICAL BRANDING PRABOWO DAN GIBRAN SELAMA KAMPANYE PEMILU 2024 MELALUI MEDIA INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Political branding merupakan suatu upaya membangun serta mengelola persepsi terhadap suatu Partai politik atau kandidat calon politik yang mencalonkan diri dengan tujuan memperkenalkan serta mempromosikan Partai politik atau kandidat tersebut agar nantinya dapat dikenal dan dipilih oleh masyarakat. Indonesia sebagai negara demokratis setiap lima tahun sekali selalu melaksanakan pemilihan umum. Pada bulan Oktober 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024 dengan dihadiri oleh tiga pasangan capres-cawapres yang bersaing dalam Pilpres 2024. Capres dan cawapres yang akan bersaing adalah pasangan dengan nomor urut,Digelarnya deklarasi tersebut membuat bakal pasangan calon presiden melaksanakan kampanye agar meyakinkan masyarakat untuk memilih mereka. Kampanye yang dilaksanakan bakal calon pasangan capres-cawapres dilakukan secara langsung dan melalui media sosial salah satunya yang disoroti oleh penulis yaitu media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Political branding yang dilakukan salah satu kandidat calon presiden dan wakil presiden pasangan nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di media sosial selama kampanye pemilu 2024 dimulai pada tanggal 28 November 2023 hingga 26 Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kualitatif dengan melakukan pengkategorisasian koding terhadap tema dalam Political branding pada unggahan media sosial akun @Prabowo dan @Gibran_rakabuming. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Political branding Prabowo dan Gibran yang terdiri dari citra personal meliputi kepemimpinan, integritas, dan kredibilitas, pesan politik yang meliputi visi serta program mereka dan hastag yang digunakan dalam unggahan, serta aktivitas kampanye meliputi kegiatan kampanye yang dilakukan dan diunggah di media sosial.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purnamasari, Novita Ika
Uncontrolled Keywords: Political Branding ,Kampanye Politik, Instagram, Pemilu 2024
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:53
Last Modified: 29 Apr 2024 01:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item