Pratiwi, Aisyah Nur (2024) FEMININITAS LAKI-LAKI DALAM IKLAN PANTENE MIRACLE HAIR SUPPLEMENT VERSI KEANU AGL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (757kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (333kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
Abstract
Laki-laki dalam masyarakat selalu dituntut untuk menjadi laki-laki yang maskulin, namun saat ini laki-laki yang memiliki sifat seperti perempuan atau feminin sudah banyak di temui di masyarakat. Seperti dalam iklan pantene yang berani membuat gebrakan baru dengan mengandeng seorang laki-laki sebagai talennya. Kali ini talent yang dipilih ialah Keanu Agl yang memiliki penampilan seperti perempuan, gaya dan gesture. Adapun tujuan penelitian ini ialahmendeskripsikan resepsi femininitas laki-laki dari sudut pandang khalayak terhadap iklan Pantene Miracle Hair Supplement versi Keanu Agl. Metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini analisis resepsi khalayak. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini dari wawancara dengan enam narasumber dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hasil dari penelitian ini yaitu empat informan masuk kedalam posisi hegemonik dominan atau Dominant Hegemonic Position karena lakilaki yang berpenampilan feminin itu sah-sah saja atau di perbolehkan karenamerupakan bentuk dari suatu kreativitas, satu informan masuk ke dalam posisi negosiasi atau Negotiated Position karena laki-laki yang berpenampilan seperti perempuan itu di perbolehkan tidak melanggar kodrat dan norma yang ada dalam masyarakat, sedangkan satu informan masuk ke dalam posisi oposisi atau Oppositional Position karena laki-laki yang berpenampilan feminin itu tidak pantas untuk dijadikan contoh untuk masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Femininitas laki-laki, Analisis resepsi, Iklan, Pantene | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 07:23 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 07:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25081 |
Actions (login required)
View Item |