Septhio, Kevin (2024) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN E-COMMERCE YANG TERBAIK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Kevin Septhio.zip Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
Abstract
E-Commerce adalah tempat jual beli berbagai produk yang dilakukan secara online dalam proses transaksinya. Dengan kemajuan zaman yang canggih, baik melalui penggunaan perangkat seluler atau jaringan internet, perdagangan elektronik, atau e-commerce, telah muncul sebagai perusahaan yang menjanjikan. Banyak marketplace besar yang menyediakan layanan jual beli online di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Blibli. Dibalik kemudahan yang sudah diberikan masih banyak yang membuat konsumen kecewa pada saat melakukan pembelian seperti produk yang diterima tidak sebaik yang dipasarkan, produk terlambat datang dari estimasi, respon penjual yang buruk. Karena kekecewaan tersebut, konsumen bisa berpindah ke platform e-commerce yang lain untuk digunakan. Maka dibutuhkan sistem komputer yang menunjang keputusan dalam memilih e-commerce terbaik yang menerapkan metode Simple Additve Weighting (SAW). Konsep dari sistem ini adalah mencari platform e-commerce rekomendasi dari setiap altenative pada semua kriteria dengan metode penjumlahan terbobot. Metode SAW mengukur dan memberikan bobot pada berbagai kriteria yang relevan, seperti kemudahan penggunaan aplikasi, kualitas layanan pengguna, harga produk, kecepatan pengiriman, dan diskon yang diberikan. Pengguna dapat memberikan nilai preferensi untuk setiap kriteria, dan sistem akan mengolah data ini untuk menghasilkan peringkat platform-platform e-commerce yang sesuai. Dengan dibuatnya sistem penunjang keputusan pemilihan e-commerce terbaik menggunakan metode SAW ini diharapkan dapat membantu dalam proses penilaian dalam memilih platform e-commerce untuk melakukan transaksi produk yang dapat dijadikan evaluasi sebelum memilih produk di platform e-commerce tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem penunjang keputusan, SAW, E-Commerce, Platform, Produk | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:03 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25007 |
Actions (login required)
View Item |