Pratama, Mahesa Arya Saksena (2022) ANALISIS PERBANDINGAN QOS (QUALITY OF SERVICE) VIDEO CHATTING PADA JARINGAN 4G KARTU PRABAYAR OPERATOR (TELKOMSEL, INDOSAT, DAN XL) DI KAWASAN JALAN RINGIN RAYA, YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1687-Mahesa Arya Saksena Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk bisa melakukan penyesuaian dalam melakukan aktifitas dengan kondisi tersebut. Dikarenakan pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah agar mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Salah satu langkah penyesuaiannya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Dengan tujuan ketika ingin melakukan komunikasi dengan teman, saudara, bahkan keluarga yang berada di kampung halaman namun tetap dalam kondisi yang aman. Hal ini tentu tidak terlalu menyulitkan masyarakat dalam melakukan adaptasi dikondisi tersebut. Dikarenakan saat ini teknologi sudah mulai banyak dikenal luas dan dimanfaatkan di kalangan masyarakat. Salah satu teknologi tersebut adalah video chatting. Video chatting dapat mengirimkan gambar dan suara user pada saat berkomunikasi dalam video real time. Saat ini operator telekomunikasi seluler telah berkembang dengan menggunakan layanan internet pada teknologi jaringan 4G. Teknologi jaringan 4G bisa dikatakan dominan dibanding teknologi jaringan lainnya khususnya di Indonesia. Dan perkembangan teknologi jaringan 4G di Indonesia sangatlah pesat kemajuannya. Jl. Ringin Raya, Yogyakarta merupakan kawasan yang terdapat cukup banyak penduduk setempat serta mahasiswa rantauan yang tinggal. Sehingga pengguna layanan operator jaringan 4G di kawasan tersebut cukup banyak digunakan. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran untuk menguji kualitas layanan dari tiga penyedia jaringan seluler yaitu operator (Telkomsel, Indosat, dan XL) dalam aktifitas video chatting aplikasi whatsapp pada jaringan 4G di Jl. Ringin Raya, Yogyakarta. Menggunakan metode QoS (Quality of Service) dengan parameter throughput, packet loss, delay, dan jitter. Alat ukur dalam merekam paket-paket data dari masing-masing operator menggunakan aplikasi wireshark. Dengan waktu pengukuran yang dilakukan pada waktu pagi hari pukul 08.00-11.00 WIB, siang hari pukul 13.00-16.00 WIB, malam hari pukul 20.00-23.00 WIB, dan dini hari pukul 01.00-04.00 WIB. Dengan hasil penelitian bahwa aktifitas komunikasi yang dilakukan diwaktu yang berbeda, mempengaruhi kualitas layanan dari masing-masing operator. Masing-masing operator memiliki kualitas layanan terbaik diwaktu tertentu dan memiliki kualitas layanan terburuk diwaktu tertentu.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Quality of Service (QoS), Video chatting, Operator seluler | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:46 | ||
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |