{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MEDIA MUSIK ALTERNATIF RESONANSIA (@_RESONANSIA)

Sucipto, Fidho Robbani (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MEDIA MUSIK ALTERNATIF RESONANSIA (@_RESONANSIA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Media musik di Indonesia kembali bersinar 5 tahun belakangan ini (2018-2023). Setelah sebelumnya sempat meredup setelah era jayanya saat media cetak jadi pilihan utama masyarakat dalam konsumsi berbagai hal soal ulasan dana trivia soal musik. Kini dengan kemudahan berinternet dan berbagai media yang ditawarkan di dalamnya menjadikan pelaku rock journalism tidak hanya milik perusahaan media saja, namun juga merambah ke kelompok-kelompok (kolektif) bahkan perorangan (mandiri). Maka dari itu muncul lah berbagai media alternatif yang muncul diberbagai platform media yang dapat dibentuk secara mandiri. Dalam praktiknya, media musik tidak hanya punya peran dalam menghadirkan ulasan-ulasan menarik dalam berbagai tulisan yang diterbitkan. Media musik juga membutuhkan identitas visual sebagai daya tarik dan bentuk komunikasi visual sehingga kemudian dapat menarik pembaca untuk membaca tulisan-tulisannya juga mengikuti media tersebut sebagai sebuah brand. Hal-hal tersebut menjadi alasan dalam perancangan identitas visual Resonansia baik secara brand dan konten-konten yang akan dihadirkan. Sebagai media yang diciptakan secara mandiri, perancangan identitas visual menjadi titik awal yang penting agar Resonansia menjadi media yang sustainable dan menciptakan pasar yang jelas, tepat sasaran, dan dapat dinikmati berbagai sajiannya. Dapat disimpulkan perancangan ini dapat menjadi referensi dan membantu Resonansia dan media-media lain agar memiliki identitasnya visual sendiri dan menjadikannya sebagai salah satu promosi untuk menarik pembaca dari konten-konten yang dibuat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Media musik, Identitas visual, Komunikasi visual, Rock journalisme
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:46
Last Modified: 08 Jan 2024 07:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item View Item