Ilmi, Muhammad Fauzan Ridhani (2023) STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PELANGGAN PRODUK KULINER SHOFIARMAKAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial Instagram dalam meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap produk kuliner Shofiarmakan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pemilik usaha Shofiarmakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shofiarmakan menggunakan strategi promosi melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang produk kuliner Shofiarmakan di Yogyakarta. Shofiarmakan menggunakan berbagai cara periklanan seperti iklan gambar, video, dan carousel untuk menampilkan makanan Shofiarmakan dengan tampilan yang menggugah selera. Shofiarmakan juga menargetkan audiens yang tertarik dengan makanan dan kuliner, serta berusaha menyesuaikan iklan dengan preferensi dan minat pengguna Instagram. Selain itu, Shofiarmakan menjalankan program promosi penjualan dengan menggunakan kode promo eksklusif, promosi khusus untuk acara tertentu, dan fitur pengiriman makanan melalui aplikasi pihak ketiga. Shofiarmakan juga menggunakan program loyalitas, diskon khusus, giveaway, dan interaksi langsung dengan pengikut untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Meskipun tidak melakukan penjualan langsung di Instagram, Shofiarmakan menggunakan platform tersebut untuk memperkenalkan menu, menginspirasi pengguna, dan mengarahkan Shofiarmakan ke gerai atau aplikasi pemesanan yang digunakan. Dengan menggunakan pemasaran langsung dan fitur-fitur interaktif Instagram, Shofiarmakan dapat berinteraksi langsung dengan pengikutnya, mendorong partisipasi, dan memberikan penawaran eksklusif. Secara keseluruhan, Instagram menjadi alat yang efektif dalam membangun kesadaran merek, memperluas jangkauan, dan meningkatkan penjualan produk kuliner Shofiarmakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Promosi, Instagram, Shofiarmakan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:19 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22346 |
Actions (login required)
View Item |