STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PELANGGAN PRODUK KULINER SHOFIARMAKAN YOGYAKARTA

Ilmi, Muhammad Fauzan Ridhani (2023) STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PELANGGAN PRODUK KULINER SHOFIARMAKAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial Instagram dalam meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap produk kuliner Shofiarmakan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pemilik usaha Shofiarmakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shofiarmakan menggunakan strategi promosi melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang produk kuliner Shofiarmakan di Yogyakarta. Shofiarmakan menggunakan berbagai cara periklanan seperti iklan gambar, video, dan carousel untuk menampilkan makanan Shofiarmakan dengan tampilan yang menggugah selera. Shofiarmakan juga menargetkan audiens yang tertarik dengan makanan dan kuliner, serta berusaha menyesuaikan iklan dengan preferensi dan minat pengguna Instagram. Selain itu, Shofiarmakan menjalankan program promosi penjualan dengan menggunakan kode promo eksklusif, promosi khusus untuk acara tertentu, dan fitur pengiriman makanan melalui aplikasi pihak ketiga. Shofiarmakan juga menggunakan program loyalitas, diskon khusus, giveaway, dan interaksi langsung dengan pengikut untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Meskipun tidak melakukan penjualan langsung di Instagram, Shofiarmakan menggunakan platform tersebut untuk memperkenalkan menu, menginspirasi pengguna, dan mengarahkan Shofiarmakan ke gerai atau aplikasi pemesanan yang digunakan. Dengan menggunakan pemasaran langsung dan fitur-fitur interaktif Instagram, Shofiarmakan dapat berinteraksi langsung dengan pengikutnya, mendorong partisipasi, dan memberikan penawaran eksklusif. Secara keseluruhan, Instagram menjadi alat yang efektif dalam membangun kesadaran merek, memperluas jangkauan, dan meningkatkan penjualan produk kuliner Shofiarmakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Instagram, Shofiarmakan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:19
Last Modified: 01 Nov 2023 01:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22346

Actions (login required)

View Item View Item